>   Dan, pre-Ngimbang tak mungkin marin, sebab pre-Ngimbang
> adalah pre-rifting, maka ia akan full nonmarin. Semua sedimen
> pre-rift adalah nonmarin, sebab semua basement tempat fifting
> berikutnya terjadi adalah uplifted.

Apakah prerift selalu non marine ?
Bagaimana dengan rifting di laut ?
Memang kalau berhubungan dengan synrift, seringkali diinterpretasikan
isinya sebagai non marine, lake-lacustrine. Tapi semestinya rift bisa
terjadi dimana saja, dan isinya bisa apa saja tergantung geological
settingnya.
Dulu saya pernah baca buku rift study dari BP, sekitar 90 an, ketika
rifting mechanism sangat banyak didiskusikan. Juga munculnya memoir AAPG
khusus RIFT.

>   Adanya gas Pagerungan di Kangean dengan kondensatnya yang
> punya pr/ph 13.20 dan S content 0.01 % dengan 13 sat dan
> aromat -27 dan -25 per mile sudah sangat meyakinkan bahwa
> source-nya terrestrial.

Apakah pr/ph didalam kondensat masih bisa dipakai. Saya seringkali
ngeplot ini pr/ph utk kondensates tapi seering "jatuh" diluar trend
minyak (black oil) yg lain kenapa ya ?