Mas Hendra,

Kalau mau pendapat saya, bisa mengacu file Teori SALAM yang sudah saya
presentasikan di Geologi UGM, 5 Desember 2005 lalu, dan saya tinggalkan
filenya. Print 3 poster ukuran masing-masing 1x1m2, di Pak Wartono
mungkin bisa di pinjam. Bisa juga lihat di Kampus Geofisika, UGM. Bisa
hubungi Mas Budi Eka file lengkapnya. Atawa di UPN.

Disitu terlihat siklus sinusoidal dengan pereode 70 Ga, 7 Ga, 700 Ma, 70
Ma, 7 Ma, ...., serta dengan kapan (dalam satuan tahun, atau Ma),
termasuk 10 parasequence tectonic : prerift (stabil), early rift, max
rift, late rift, sagging, compaction, compression1, compression2,
compression3, compression4, kembali ke stabil. Sequence Boundary di
mulai di batas compression2-Compaction3. Ini berlaku untuk semuaa
pereode, dengan deviasi 10 %. Termasuk satu poster SLEMAN "Stratigraphy
Lexicon Elevates Mines Available Nomenclature", yang telah memuat
nama-nama formasi di 18 cekungan di Indonesia, dari Sum-Ut hingga Irian.
Cekungan Wonosari belum di masukkan, dan bisa di korelasikan dengan
cekungan terdekatnya, Cekungan JawaTengah-JawaTimur.

Siklus 70 Ma dengan SB 67 Ma, lau mulai Rifting sejak Mid Eosen 50 Ma,
lalu compresi sejak 13 Ma hingga kini. Tujuh parasequence tectonic sejak
rifting 50 Ma itu, ada masing-masing para-parasequence tectonic pereode
700 Ka. Pereode ini ada 10 para-parasequence yang juga prerift,
synsrift, hingga compresi itu. Mungkin rifting (siklus 70 Ma)Wungkal,
lalu paracompresi (siklus 7 Ma) Nglanggran. Ga begitu ?

Kalender SLEMAN berlaku di semua cekungan di bumi. Belum tahu di planet
lain. Semua cekungan itu banyak kemiripannya, namun semua pasti ada
perbedaannya. dari semua cekungan, tak ada cekungan yang 100% sama. Tak
ada cekungan yang 100 % berbeda. Kesamaannya pada umur dengan SB.
Variasi kondisi cekungan terhadap posisi megalempeng, juga elevasi, juga
banyak sekali parameter fisis lainnya, yang bisa saya singkat menjadi
variasi koordinate, akan membedakan proses sedimentasi, juga seberapa
amplitudo pengangkatan-penurunan(denudasi) dasar cekungan. Daerah batas
konvergensi megalempeng, amplitudo perubahan elevasinya tertinggi di
banding bagian lain, terutama daerah mid ocean ridge, daerah divergensi.

Wilson cycle.
Ada 7 planetary cyclone di bumi, mungkin juga di setiap planet. Salah
satunya, Laut Banda, dengan siklun dari pusat bumi hingga angkasa (lewat
Laut Banda itu). Dua parameter fisis utama adalah bedakan lapisan adalah
densitas dan besar kecepatan gelombang seismik melewatinya.

Gelombang ARIF ("Alternating compression-extesnion pereodically in space
and time Results in Imaging a form of wave from a center point". Pusat
gelombang Laut Banda, ke lateral, dengan gelombang primer
kompresi-extensi, di hipotesakan sebagai Gelombang ARIF adalah jumlahan
sinusoidal pereode kelipatan 10 dari 7, yakni 7 km, 70 km, 700 km, 7000
km.

Untuk vertical, Gelombang ARIF sebagai 7 lapis bumi. Belum di dapati
pereodenya. namun secara waktu, ada gelombang ini menunjukkan bumi
kembang-kempis, dengan pereode SALAM (diketahui pereode fungsi watu,
belum tahu pereode fungsi jarak).

Wilson Cycle nadanya hanya sebagian dari gelombang ARIF ini, untuk
densitas sebesar satu gram/cc (air) dan kurang dari itu (awan, udara,
..). Artinya, saya dugakan ini tak berlaku pada lempeng tektonik. Ada
yang bisa tunjukkan keberlakuan Wilson cycle di tectonik ? Berapa
deviasi umurnya ?

Petroleum system Kulon Progo.
Kalau mengacu : Petroleum system bisa dari kandungan petroleumnya nol
hingga besar. Mak tak ada cekungan yang bukan petroleum system. Termasuk
Kulon Progo, mungkin saja tak hanya nol petroleumnya. Banyak orang
sedang cari hingga fore arc basin di pantai Selatan Jawa tengah ini.
Gunung-gunung dari Slamet, Dieng, Sumbing, Merapi, dst, hingga ke Ijen,
jarak yang 70 +- 10 km rasanya, adalah daerah extensi, pusat cekungan,
tempat minyak lebih banyak terbentuk. Jadi, Sendowo, mBulak Sumurpun ya
mungkin ada minyaknya. Kita bor saja di depan kampus, mungkin setelah
tahu sejarahnya di buat Mas Hendra ?

Salam,
Maryanto.