dulu saya pernah mengusulkan komisi bencana alam di iagi, di mana iagi bisa
menaruh semua bahan sosialisasi tentang bencana alam di web sehingga bisa
menjadi pegangan  bagi para geologist untuk melakukan sosialisasi tentang
bencana alam kepada masyarakat.
Sehingga paling tidak kita bisa bicara dari dasar yang sama...mana yang
boleh disampaikan secara terbuka  dan mana yang harus disampaikan dengan
hati - hati...

Regards

Kartiko-Samodro
Telp : 3852

                      "Andang Bachtiar"

                      <[EMAIL PROTECTED]        To:       <iagi-net@iagi.or.id>

                      t.id>                    cc:

                                               Subject:  Re: [iagi-net-l] Opini
Gempa diantara Eksekutif Muda Jakarta
                      25/07/2006 07:47

                      PM

                      Please respond to

                      iagi-net

Saudaraku: Awang yang saya kagumi,...

Saya benar2 tergelitik dengan pernyataan sampeyan bahwa ada geologist2 (yg
langsung mendapatkan popularitas) yang tidak sadar bahwa pendapat2-nya bisa

meresahkan (masyarakat?), terutama dalam konteks Bencana Gempa & Tsunami
akhir-akhir ini......

Kalau kita simak di media akhir-akhir ini (di TV, radio, koran, internet)
sebenarnya kawan-kawan geosaintist yang (saya yakin) semuanya volunteering
bicara karena panggilan nurani, tugas, profesi maupun organisasi-nya
jumlahnya tidak banyak dan kita hampir tahu nama mereka satu-persatu
(untungnya sejak tidak menjadi Ketua IAGI saya relatif tidak pernah lagi
berbicara di media ttg Gempa&Tsunami karena memang ilmu saya masih sangat
dangkal dibandingkan para pakar Gempa, Tsunami, Tektonik dsb, sehingga
otomatis -mudah2an- saya tidak termasuk dalam kategori yg sampeyan
sebutkan);.... Dan sejauh menyangkut pernyataan2 mereka yang saya monitor:
saya belum menemukan sesuatu yang meresahkan masyarakat disitu. Malahan
kebanyakan dari mereka seringkali harus terbangun malam-malam karena
ditilpun-i oleh masyarakat yang resah untuk menenangkan mereka
satu-per-satu...... Maka dari itu, saya mohon pencerahan ,.... kira-kira
siapakah diantara kawan-kawan kita yang bicara di media itu yang meresahkan

masyarakat? Atau paling tidak: bagaimanakah pernyataan2 kawan-kawan
tersebut
yang bisa meresahkan masyarakat? Hal ini perlu untuk diklarifikasi, karena
sinyalemen sampeyan (apabila benar) dapat menjadi umpan-balik bagi kawan2
yg
lain untuk introspeksi dan memperbaiki diri dalam rangka bicara dan
sosialisasi ke masyarakat yang lebih benar.....

"Berhati-hati bicara" bukan berarti terus lantas "diam membiarkan". Secara
pribadi, saya malahan meng-"encourage" semua geosaintist yang punya
kesadaran nurani untuk terus-menerus bicara kepada masyarakat, baik melalui

IAGI, HAGI, Alumni, Klub2 Sosial, Pendaki Gunung, Karang Taruna, Bupati,
Walikota, Staff Pemerintahan, Perguran Tinggi, LSM dsb-nya. Janganlah kita
berpuas diri bicara kepada diri sendiri (atau kelompok sendiri). Karena hal

itu malahan akan membuat ilmu geologi menjadi semakin ter-alineasi dari
masyarakatnya. Saya yakin, pengertian-pengertian dasar tentang aspek bahaya

dari posisi tektonik aktif Indonesia dengan implikasi gempa&tsunami-nya
hampir semua geosaintist memahaminya dan dapat menerangkannya kepada
masyarakat. Demikian juga bahwa tidak ada satu geologist-pun di dunia ini
yang dapat menentukan dengan pasti jam, hari, tanggal, bulan, tahun akan
terjadinya gempa (dan tsunami). Sehebat-hebat analisis geologi, geofisik,
geokimia, dll pasti masih punya kadar ketidak-pastian, standard deviasi,
dan
komponen2 statistik lainnya. Dan saya yakin semua geosaintist yang pernah
lulus dari perguruan tinggi memahami dan sangat mengerti tentang hal itu.
Dengan demikian hampir dapat dipastikan bahwa kalau ada geosaintist yang
menyatakan hasil analisis ttg gempa&tsunami kemudian pernyataan itu
meresahkan masyarakat... itu bukan disebabkan oleh pernyataannya, tetapi
lebih ke persepsi masyarakat yang belum sepenuhnya terbangun untuk menyerap

informasi dengan implikasi dimensi waktu yang panjang (skala geologi),
dimensi besaran yang guedhe (volume slab, kekuatan gempa dsb), dan dimensi
ketidakpastian (standard deviasi). Kita tidak boleh lantas diam membiarkan
persepsi itu begitu saja. Kita harus terus bicara untuk membangun persepsi
dan paradigma baru GEOLOGI di masyarakat.

Nah, kalau anda sering mengutip istilah: "Publish or Perish", dalam kasus
sosialisasi geologi ke masyarakat ini saya lebih menyarankan istilah:
"Speak-up or F....d - up"

Salam hormat

ADB - Arema