Mas Ismail,
Pertanyaan amat menarik dari mas Ismail. Bagi saya sih, perubahan iklim
itu membuktikan bagusnya rumusan baru, yang di sebut JAWAH itu.
Sementara ini, data 40 th terakhir, curah hujan DAS Citarum dengan
korelasi amat tinggi dengan kurva JAWAH, ~ 90 %, dominasi pereode 70 th.
Pembuat kurva curah hujan DAS Citarum itu, sedang pakai untuk disertasi
doktor, sebutkan juga adanya frekwensi 7 th (suatu angka yang ada pada
prediski saya). Nah, si JAWAH makin mantabkan ?

BMG, sering hanya prediksi hingga 3 th kedepan. Saya belum pernah lihat
prediksi jangka 30 th. Apalagi dengan eror yang rendah. Ada yang pernah
lihat?

Pranoto mongso memang tak memperlihatkan adanya curah hujan rendah,
lebih rendah dari th 1980'an. Padahal, data DAS Citarum sejak 1965 itu,
memperlihatkan rendahnya curah hujan sebelum 1982. Yang kini saya lihat
sebagai, perkiraan curah hujan DAS Citarum membentuk sinusoidal, menurun
sejak 1930 hingga 1952, lalu naik hingga 1982, lalu menurun hingga kini,
sinusoidal.

Nama-nama bulan, termasuk Desember, Maret, dll, ya dari Eropa Latin,
bukan dari sebab adanya banyak sedikitnya hujan di Jawa. Mongso malah
itungan kalender Hindu, ya, dominannya India. Itu juga jawaban mengapa
awal mongso seperempat (awal mongso 4) dan tigaperempat tahunnya (awal
mongso 10), beberapa hari sebelum dan sesudah Matahari di Katulistiwa
(tidak di atas kalutistiwa 23 Maret-23 September). Ini, kemungkinan
besar, Matahari tepat di atas India pada awal-awal mongso itu. Awal
tahun, dan awal tengah tahun ya Matahari di paling utara dan selatan.
Dan India, musimnya malah kebalikan dengan muson Indonesia: Hujan di
Jawa, kemarau di India; serta kemarau di Jawa, hujan di India. Desember
banyak air di Jawa, tapi sedikit air di India, vise-versa.

Walaupun Kalender Jawa, di buat Sultan Agung, raja Mataram Jogyakarta
(waktu itu masih di Pleret), tapi awal mongso 4, dan 10 tak di rubahnya,
misal tepat matahari di atas Jogja ( sekitar 2-3 hari sebelum dan
sesudah Katilistiwa).

Saya dapatkan, dari banyak parameter alam, lalu bisa di jadikan hanya di
pengaruhi oleh 4 energi utama (nuklir lemah, nuklir kuat,
elektromagnetik, gravitasi), dan lalu menjadi hanya satu faktor, yang
bisa di rumuskan menjadi Gelombang SALAM itu. Mungkin ini menunjukkan
adanya hanya satu penguasa jagad. Gt ?

Salam, Maryanto.