Sebenernya mengebor sumur air yg kedua prinsipnya mirip juga dengan di
perminyakan. Kalau kita mengebor sumur appraisal atau developemnt
well. Kita bertujuan mencari lokasi dengan kualitas reservoir lebih
bagus atau juga updip/downdip dr sumur sbelumnya.
Nah dalam sumur air ini kita juga bisa melihat apakah jarak halaman
depan dengan halaman belakang ini cukup jauuh (waddduh halaman rumah
di jkt sih langka ya). Jarak sumur ini bisa saja masih dalam reservoir
quality yang sama atau berbeda. Bisa dalam satu channel belt reservoir
yang berbeda, atau masih dalam pelamparan bar sand yang sama. Kalau
dalam sumur air dirumah, apakah masih dalam "timbunan sampah" yang
sama atau sudah masuk dalam pekarangan. Btw, dulu di kampung ada yg
namanya "jugangan" (untuk memendam sampah, dengan ukuran kira-kira 1x2
meter. Tapi kalau dulunya aliran got air kotor yg ditimbun tentunya
ukuran geometrinya bisa berbeda. Sejarah geologi dan paleogeografi
perlu dalam appraisal well, sejarah penimbunan kalau diketahui juga
akan membantu.

Duh repotnya cari air bersih :(

hef e nais whik en

rdp