Pak, asal muasal air lumpur itu dapat saja diketahui dari komposisi kimianya
(elemen mayor: natrium, kalium, magnesium, kalsium, bikarbonat, klorida,
atau sulfat serta elemen minor dan jarang: fluor, boron, yodium atau bisa
juga pakai unsur gas inert/golongan 8) dan juga komposisi isotopnya (stabil:
18-O dan D atau radioisotop). Semuanya bisa dilakukan di dalam negeri, cepat
dan rasanya tidak mahal.

salam