Urun rembug juga untuk menambah rujukan:

15 tahun yang lalu (1992-1993) 2 orang bimbingan saya (Hendro Hari Santoso
dan Ricky) dalam penelitian skripsi S-1-nya di ITB juga menemukan
peningkatan nilai VR dari batubara-batubara di permukaan yang posisi
singkapannya makin mendekati garis patahan naik Separi yang membatasi
Separi antiklin dengan sinklin di sebelah baratnya. Daerah Separi ada di
Cekungan Kutai, antiklinnya merupakan bagian dari Samarinda Antiklinorium,
posisinya ada di sebelah utara Samarinda. Meskipun fakta permukaan dan
pengukuran laboratorium menunjukkan hubungan kualitas (kematangan)
batubara dengan patahan, dalam hal Separi Coal ini -waktu itu- saya masih
meragukannya, karena ternyata ada kontrol lain: yaitu posisi stratigrafi
dari perconto-perconto yang diambil melintasi antiklin, memotong patahan,
terus dilanjutkan ke sinklin di baratnya: membentuk kolom stratigrafi dari
muda (di sayap timur antiklin Separi)-ke-tua (di antiklin Separi di
sekitar patahan), sehingga mungkin saja peningkatan kematangan di sekitar
patahan (yang juga di sekitar antiklin) diakibatkan oleh perbedaan umur
lapisan (muda-ke-tua). Nampaknya semua pembahasan tentang peningkatan
kwalitas batubara di sekitar patahan yang saya amati dalam posting-posting
sebelum ini mengasumsikan bahwa lapisan batubaranya melampar horisontal
kemudian di salah satu sisi "dicegat" oleh patahan, sehingga faktor umur
relatif dari perconto satu dengan yang lainnya dianggap konstan. Untuk
bisa mengakses data dan analisis skripsi HHS dan Ricky diatas, bisa
hubungi perpustakaan / repository skripsi di Geologi ITB. Mungkin juga
bimbingan mas Hendra Amijaya memerlukannya untuk rujukan.

Salam

ADB