> Coba kalau pakai logika gini .... patahan
> menunjukkan bahwa stress
> (tekanan) pada batuan sudah berubah menjadi strain
> yang berupa patahan
> ... atau patahan merupakan release jadi strain ....
> Lah mengapa
> pematangan lebih besar pada zona patahan ?

Kalau hanya berdasarkan pengamatan kualitas (CV) dan
reflektansi vitrinit, rasanya susah untuk membedakan
apakah faktor tekanan, pemanasan, atau fluid flow yang
menjadi penyebab utama kenaikan kematangan batubara di
suatu zona patahan. Bisa juga kombinasi diantara
faktor2 tsb.

Untuk tahu lebih detil, mestinya harus dilakukan studi
mikrostruktur atau mikrofasies pada sampel batubaranya
sendiri. Barangkali Pak Hendra A. atau rekan lain bisa
sharing pengalamannya untuk masalah ini.

Saya kebetulan juga lagi mengamati mikrostruktur
batubara dari X-ray CT scan image dan akan
menghubungkannya dengan beberapa parameter kualitas
batubara. Mudah2an dalam 1-2 bulan mendatang akan
ketahuan hasilnya... :)

Salam,

Nur H.

Sucker-punch spam with award-winning protection.
Try the free Yahoo! Mail Beta.
http://advision.webevents.yahoo.com/mailbeta/features_spam.html