From: R.P. Koesoemadinata <[EMAIL PROTECTED]>
To: iagi-net@iagi.or.id
Sent: Tuesday, June 26, 2007 11:07:56 AM
Subject: [iagi-net-l] PENCURIAN LAP TOP YANG CANGGIH DI KA EXPRESS PARAHYANGAN.

PENCURIAN LAP TOP YANG CANGGIH DI KA EXPRESS PARAHYANGAN.

Saya telah menjadi korban pencurian laptop (notebook Toshiba) di KA Express
Parahyangan yang sangat canggih seperti dalam cerita buku Agatha Christie atau
seperti film-film spy seperti Mission Impossible , James Bond.
Hari Selasa tgl. 5 Juni 2007 saya berangkat dari Bandung jam 6.00 dengan KA
Parahyangan ke Jakarta di kelas Eksekutif, dan mendapatkan tempat duduk no 2
dari belakang pada gerbong paling buntut. Pada pagi naas itu  saya melanggar
aturan saya sendiri dengan menyimpan tas lap top di tempat barang bawaan di
atas (overhead  compartment), padahal biasanya saya selalu menempatkan laptop
di bawah kaki. Tetapi pemikiran waktu itu adalah bahwa  pencurian biasanya
terjadi pada waktu KA berangkat atau begitu KA berhenti waktu mana ramai kuli
angkat masuk. Jadi saya perhatikan hal ini, dan selama KA sedang jalan saya
pikir tidak mungkin ada berani yang mencuri. Juga shoulder-strap tas laptop
yang sengaja untaikan ke bawah supaya dapat diawasi.
Saya duduk dekat jendela dan kebetulan bertemu dengan Pak Fred Hehuwat, dan
beliau pindah duduk sebelah saya,. Kami pun ngobrol sampai lewat Purwakarta,
setelah mana saya mulai ngantuk, tetapi Pak Fred tidak dan membaca, tetapi dia
sekali-kali ke bordes belakang untuk ke toilet atau merokok.
Sampai di Gambir semuanya kelihatan beres, dan tas laptop saya ambil dan tidak
terasa ada perubahan apa-apa. Waktu naik taksi baru saya perhatikan bahwa
kantung luar tas laptop ini agak kempis, saya cek ternyata charger tidak ada
walaupun kabel colokan listriknya ada. Saya pikir mungkin ketinggalan di rumah,
walaupun aneh juga karena kabel  ini tidak pernah saya cabut karena agak seret.
Di kantor yang pertama saya kunjungi saya membuka tas laptop untuk mengambil
dokumen dari atas laptop serta flash-disk, tetapi karena banyaknya kertas yang
menutupi belum melihat adanya kehilangan apa-apa. Sesudah makan siang saya
mengunjungi kantor di Menara Gracia, Kuningan. Setelah ngobrol-ngobrol dengan
Pak Soulisa dan rekan-rekan saya membuka tas laptop kembali untuk mengambil
dokumen, terlihat adanya majalah dengan cover yang sexy; sehingga Pak Soulisa
menyeletuk wah Pak Kusuma sekarang suka bawa-bawa majalah “Playboy” yah. Saya
merasa aneh siapa yang jail naruh majalah ini, yang ternyata diikat dengan
strap yang biasanya mengikat laptop. Setelah saya buka ternyata laptop
(notebook Toshiba Satellite) sudah hilang, dan telah digantikan dengan 2
eksemplar dari Majalah Dewi  terbitan bulan Maret 2007 yang masih tertutup
plastic, yang ukurannya pas ukuran notebook saya, juga berat kedua eksemplar
majalah hanya sedikit lebih ringan dari laptop saya. Saya cek aksesories
 yang lainnya seperti flash-disk, protable scanner, laser pointer dsb, ternyata
tidak ada yang hilang. Saya kebetulan tidak membawa external  harddisk, karena
seminggu sebelumnya tertinggal di kantor Jakarta .
Saya beritahukan Pak Fred Hehuwat yang ada di kantor itu juga, beliau pun
hampir tidak percaya, bingung kapan pencurian ini bisa terjadi.. Satu-satunya
kesimpulan adalah bahwa pencuri ini sangat pandai dan terlatih, mungkin bekas
CIA, BIN atau yang suka nonton film spy. Pertama dia telah mempersiapkan
majalah Dewi yang berat dan ukurannya sama dengan laptop dalam melakukan
aksinya. Saya curiga atas 2 orang yang duduk di belakang kita. Celah waktu
untuk melakukan aksinya sangat sempit, yaitu kalau saya sedang  tertidur (saya
tidak tidur terus-terusan) berbarengan dengan perginya Pak Fred ke bordes
belakang. Mungkin dia perhatikan bahwa Pak Fred ke belakang untuk merokok,
sehingga waktunya diperhitungkan sampai 5 menit. Posisi tempat duduk saya, no 2
dari belakang juga menguntungkan bagi si pencuri (mungkin dia sudah atur untuk
duduk di paling belakang ), dia dapat mengambil tas laptop di atas saya tanpa
adanya perhatian dari penumpang lain, karena semua ada di depan saya
 dan menghadap ke arah depan. Seingat saya tidak ada penumpang lain di seberang
gang atau di belakangnya. Pada celah waktu inilah si pencuri ini berhasil
mengambil tas lap top saya, kembali ke tempat duduk menggantikannya dengan lap
top dengan 2 copy majalah, mengikatnya dengan rapi, menutupnya kembali,
mengambil charger, melepaskan kabelnya (entah mengapa) dan memasukkan kembali
ke kantong tas, kemudian mengembalikan tas laptop ke tempat bagasi di atas
kepala saya. Dengan demikian saya tidak sadar bahwa laptop sudah hilang dan
baru tahu 4 jam kemudian. Seandaikan dia curi seluruh tas lap top, tentu akan
saya segera tahu begitu terbangun, dan saya akan ribut, sedangkan dia tidak
akan bisa lari kalau kereta masih berjalan.

Sungguh luar biasa cerdiknya dan sangat terlatih. Selamat bagi pencuri, saya
kagum atas usahanya ini, walaupun tentu saya dongkol sekali.

Sebagai –hiburan untuk diri saya sendiri – memang laptop ini sudah agak tua dan
sudah waktunya beli yang baru, karena batere dan DVD drive sudah tidak jalan,
tidak ada wifi-nya dan data yang di hard disk sudah  back-up. Dan extenrnal
hard disk yang mengandung data-base selamat dari pencurian ini.

Wassalam
RP Koesoemadinata.

Building a website is a piece of cake. Yahoo! Small Business gives you all the
tools to get online.
http://smallbusiness.yahoo.com/webhosting

Kirim email ke