Maaf baru bisa mengikuti diskusi ini lagi.

* Transverse Relaxation Time, T2,  Cutoff:

- Untuk beberapa kasus ideal yang "text-book" dimana batuannya Water-Wet dan
HC-nya Light Oil, maka T2 cutoff memang bisa dipakai untuk Hydrocarbon Typing.

- Untuk Water-Wet dan Heavy Oil, "peak" pada distribusi spektrum T2-nya
terpisah jauh. Minyak mudah dibedakan dari Air Bebas-nya. Namun sinyal T2
hidrokarbon tersebut tidak dapat dipisahkan dari T2 boundwater. Heavy Oil dan
Boundwater sama-sama "cepat taubat" ke kondisi awal.

- Untuk Mixed-Wet dan Medium-Viscosity Oil urusannya jadi lebih runyam.
Distribusi spektrum T2 HC-nya melebar dari Boundwater sampai Free Water. Tidak
bisa dibedakan satu dan lainnya.

- Silahkan membuat matrik kondisi Wettability vs. Oil Viscosity (ada sembilan
realisasi). Untuk lebih kompleks, coba masukkan kondisi ada invasi filtrat OBM,
WBM atau SBM (synthetic based mud). Referensi: Kleinberg, R.L and Vinegar, H.J,
1996, "NMR properties of reservoir fluids"

- Kesimpulan: T2 saja tidak cukup untuk HC Typing. Kita perlu data tambahan
dual TW, variasi TE dan Difusivitas. Untuk tools yang baru, setting TW (wait
time) dan TE (inter echo spacing) bisa otomatis diaktifkan sekaligus dalam satu
pass run. Dulu waktu saya mula-mula kenal NengMR ini, toolnya harus di-run
dalam passes yang berbeda dengan setting "waktu" yang beda.

* Salinitas:
- Makin salin filtrat lumpurnya, makin rendah "Peak" untuk CBW-nya.

- Selain membuat air menjadi lebih paramagnetik (mudah terpolarisasi dan mudah
juga kembali ke kondisi awal), salinitas juga membuat viskositas air menjadi
berubah (mengubah Diffusivitas).Baca paper-nya Hyung Tae Kwak et. al.
(BakerAtlas) tentang efek salinitas dan parameter NMR lainnya. (Society of Core
Analysis, paper SCA2005-51).

- Kalau lumpurnya punya  30 kppm Cl-, itu masih relatif "tawar" dan masih dalam
rentang harga yang bisa diterima.

* T2 Cutoff yang dipakai Chevron untuk Sihapas Sands:
- Wah, yang ini no comment. Tanya orang Chevron di CPI-lah, saya masih di
Brunei Shell.

Wassalam,
-bg