Mas Mino,
Saya juga heran kalau memang perubahan itu akan
dilakukan karena melawan prinsip sederhana 'if it work
well (atau does not break) don't change it'.

Terlepas dari keheranan itu, saya ingin bertanya, apa
sih untung atau ruginya kalau geologi hijrah dari
FIKTM ke FITB atau dari Department (sebelumnya
jurusan) menjadi Prodi...? Atau hanya soal nama saja?

Kalau pandangan awam  saya dari luar, tidak banyak
yang akan berubah terutama dari segi lulusan dan
mahasiswanya. Mahasiswa tetap akan dididik oleh dosen
yang sma dengan materi yang sama dan lulusannya tetap
akan dihargai sebagai lulusan geologi dengan bidang
pengabdian yang sama bervariasinya dari industri
(minyak, mineral , galian C), pemerintahan,
lingkungan, penelitian, akademisi dll seperti
sebelumnya. Contoh riilnya ya jurusan geologi Unpad
seperti yang pak Awang tulis. Meskipun secara resmi
masuk fakultas Ilmu pengetahuan dan bukannya teknik
toh lulusannya bisa masuk kemana saja.

Saya pernah dengar cerita dulu  para mahasiswa dan
lulusan Geofisika dan Meteorologi (GM) menuntut agar
jurusan mereka sebagai bagian fakultas MIPA dirubah
menjadi Fakultas Teknik dan gelar kelulusan diubah
jadi Insinyur (Sarjana Teknik). Alasannya karena
berbagai instansi terutama di pemerintahan
'menghargai' pegawai dengan gelar Ir lebih dari mereka
yang bergelar Drs. Tapi saya rasa ini cerita dulu yang
sudah gak valid lagi untuk jaman sekarang.....

Cheers
Oki

--- Benyamin Sapiie <[EMAIL PROTECTED]>

http://searchmarketing.yahoo.com/