Just my 2 cents

On 7/17/07, Benyamin Sapiie <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Kembali pada pertanyaan saya pada rekan2 IAGI sebagai assosiasi profesi
geologi: apakah perubahan yang terjadi di ITB itu perlu? positif atau
negatif? Kenapa/apa dasarnya?: Apakah akan berdampak pada pendidikan umum
geologi dalam jangka pendek dan jangka panjang? Apakah ini unik buat ITB
saja?

Apakah perlu ?
Saya menjawab PERLU. perubahan itu keniscayaan, hanya saja perubahan
ke arah mana yang perlu kita coba arahkan. Seseorang yang kegemukan
perlu excerscise (gerak badan). Move yang dilakukan di ITB ini
tentunya menjadi sangat perlu ketika ITB ingin "bergerak".

Positip atau negatip ?
Wah .... Saya menjawab tidak tahu.
Akang Ben Sapiie jangan terburu-buru menilai positip atau negatip.
Wong dijalankan juga belum kok. Dampak atau impact dalam setiap
perubahan aturan pendidikan ini tidak pernah instant, ada jeda waktu
yg diperlukan.
Kenapa/apa dasarnya ?
Karena inisiasi proses baru dijalankan jadi saya belum bisa menjawab
pakah positip atau negatip. Tombol "enter" sudah dijalankan, proses
sedang berjalan. Kita bagian dari proses itu, sehingga kita mesti
berusaha untuk menjadikan positip.

Adakah dampak pendidikan umum ?
Saya jawab YA, pasti ada dampaknya. Perubahan itu "menggoyangkan"
untuk "membangunkan yang tidur, tetapi goyangan terlalu kuat akan
"shocking" (mengagetkan). Jadi dampak itu saya yakin akan ada,
sekarang karena sudah dilakukan (sudah terjadi) pinter-pinteran kita
untuk mengarahkan ke arah positip. Chance untuk berubah ke positip
atau negatip anggap saja 50:50, tergantung kita sendiri saja bagaimana
menghadapi dan menyikapinya.

Jangka pendek/jangka panjang
- Jangka pendek yang saya lihat "shocking" (mengagetkan) paling tidak
yang tercermin di mailist IAGI-net, tapi ini proses wajar dalam setiap
perubahan. Ada yang kaget, ada yang cuek, ada yang apatis dsb. Kitalah
yang memilih untuk bersikap. Saya menyarankan bersikap positip dalam
setiap perubahan.
- Jangka panjang yang saya harapkan akan muncul "learning process"
(proses pembelajaran).

Apakah unik untuk ITB saja
Waw ... tidak Kang Sapiie ... Sumpiih percaya deh di geologi UGM juga
sama. Saya tahun lalu ke UGM memberikan pandangan masa depan industri
migas ketika UGM akan membuat (memodifikasi) kurikulum. Setelah ada
perubahan ya sama saja. Ada yang kaget, ada yang ragu, ada yang
apatis, semua itu selalu saja ada Kang Ben.
Saya ngerti hal ini terjadi dimana karena saya juga mengikuti mailist
UPN, ITS dan UI, juga tentusaja UGM .... hanya saja saya didepak (di
ban) dari milisnya IA-ITB. Sorry sepertinya dalam hal ini IA-ITB lebih
tertutup ketimbang ikatan alumni institusi pendidikan lainnya, wuspt
malah ngritik nih .... sorry.

Sebagai contoh simple, apabila seseorang yang berminat mendaftar untuk
geologi aplikasi dalam MIGAS atau Pertambangan di ITB; akan menjadi rancu
karena geologi sendiri tidak berada dalam fakultas yang sama dengan
pertambangan, perminyakan dan geofisik. Hal ini sudah terjadi saat ini dan
kekuatiran saya adalah untuk 10 tahun mendatang bukan saat ini. Karena
dengan sistem yg ada di ITB saat ini secara isi akan dapat membatasi
perkembangan geologi menuju aplikasi MIGAS dan pertambangan.

Kekhawatiran anda sangat beralasan. Apalagi anda merasakannya dari
dalam, aku yakin konsen anda valid. Hanya saja coba lihat sejarah
Jurusan Geologi ITB. Setiap berapa tahun melakukan perubahan seperti
ini ? Setiap berapa tahun memodifikasi kurikulum ? Periode-periode ini
mungkin bisa dijadikan titik-titik simpul momentum melakukan perubahan
selanjutnya. Nah apakah konsen anda 10 tahun mendatang tidak bisa
diubah ? atau malah berubah 5 tahun lagi sesuai dengan pengalaman
sejarah sepak terjang geologi selama ini ?

Saran saya, kita memang harus pinter-pinteran berdansa dansi dengan
perubahan irama lagu. Kita ini hanya pedansa, kita bukan disc-jockey.
Tapi kalau ngga bisa dansa jangan salahkan lantainya, kan ?

"kalau anda perhatikan barangkali saya sudah terlihat menjadi 'orang
praktis' yang melihat ke'kini'an, ketimbang menghawatirkan nantinya"

--
http://rovicky.wordpress.com/