Rekan-rekan IAGI,

Terima kasih atas sumbangan pemikirannya yang sangat beragam dari
menyoroti peristilahan, birokrasi, phylosofi, profesi sampai ke produk dan
gajih.

Sebenarnya pertanyaan saya simple tetapi ternyata jawabannya tidak
demikian, jelas terlihat bahwa kita sendiri banyak yang berbeda dalam
mengamati perkembangan dari geologi kita yang sudah cukup berumur di
Indonesia ini. Ketika mulai sebagai bagian dari Jurusan MIPA dan
berkembang saat ini dalam berbagai aplikasi. Bahkan IAGI sendiri sudah
mengakomodasi berbagai perkembangan dari cabang2 aplikasi dalam geologi.
Bahkan dalam dunia industri MIGAS kita sudah familiar dgn istilag G&G dan
GGR. Sehingga terjadi perubahan-2 nama, title dll dalam perkembangan dan
penempatannya didalam sistem pendidikan tinggi.

Kembali pada pertanyaan saya pada rekan2 IAGI sebagai assosiasi profesi
geologi: apakah perubahan yang terjadi di ITB itu perlu? positif atau
negatif? Kenapa/apa dasarnya?: Apakah akan berdampak pada pendidikan umum
geologi dalam jangka pendek dan jangka panjang? Apakah ini unik buat ITB
saja?

Sebagai contoh simple, apabila seseorang yang berminat mendaftar untuk
geologi aplikasi dalam MIGAS atau Pertambangan di ITB; akan menjadi rancu
karena geologi sendiri tidak berada dalam fakultas yang sama dengan
pertambangan, perminyakan dan geofisik. Hal ini sudah terjadi saat ini dan
kekuatiran saya adalah untuk 10 tahun mendatang bukan saat ini. Karena
dengan sistem yg ada di ITB saat ini secara isi akan dapat membatasi
perkembangan geologi menuju aplikasi MIGAS dan pertambangan.

Salam,

Ben Sapiie (Mino)