sama seperti pengukuran porositas lainnya, sonic bukanlah pengukuran
langsung porosity, untuk mendapatkan porosity harus diketahui dt dari
matriks dan dt dari fluidnya. Jadi tidak harus bahwa porosity dari sonic
harus lebih kecil atau lebih besar dari porosity density neutron.
mis untuk gas di vuggy porosity akan memberikan porosity density > real
porosity > porosity sonic > porosity neutron.
sementara untuk oil atau water umumnya porosity density~porosity
neutron~real porosity>porosity sonic.
Nah kalau di gas menggunakan kombinasi porosity density neutron, bisa jadi
bahwa porosity sonic akan lebih besar dari porosity density neutron, karena
sifat tarik menarik dari density neutron seperti di atas.
cara mudahnya lakukan overlay porosity di water zone untuk melihat apakah
porosity sonic masih lebih tinggi dari porosity density neutron.
kalau punya porosity dari core yang sudah dikoreksi dengan overburden , bisa
digunakan untuk mengkalibrasi porosity dari lognya.
untuk vuggy porosity mungkin bisa diusulkan run cmr/nmr untuk dapat
mengetahui distribusi pore throatnya secara continous (tentunya dikalibrasi
dengan core )  yang akan banyak membantu untuk kalibrasi permeability
dan saturation water function.

Mungkin rekan yang lain bisa mengkoreksi atau menambahkan

On 8/6/07, Shofiyuddin <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mas Andri,
> Memang segala sesuatunya harus kembali kepada asal. Nah log pun sama,
> harus dikalibrasi lagi kepada batuannya, bentuknya bisa kepada deskripsi
> batuan inti (core), sayatan tipis, SEM dan XRD. Begitu juga dengan sifat
> fisik batuan laen seperti porosity dan permeability. Tanpa itu, log tidak
> punya referensi.
>
> Kalo kita bicara batuan, kita bicara yang paling detil (dari micron same
> meter. Kalo kita bicara log, kita bicara dibilangan cm sampe meteran,
> tergantung jenis lognya apa. Bicara seismik bicara pada kisaran yang lebih
> [...]

Kirim email ke