Sekedar sharing.

Mini DST ini adalah tak laen MDT dengan menggunakan Dual Packer Mode dimana
jarak antara packernya sekitar 3 ft atau 1 meter.

Kalo uang jadi kendala untuk melakukan DST, ya MDT Dual Packer ini bisa jadi
pilihan, tapi kalo diandalkan? kita lihat lihat dulu rock propertiesnya
sepanjang reservoir yang ditembus.
Shell di Sarawak (cmiiw) sering melakukan mini DST ini untuk zona zona yang
diperkirakan TIDAK FLOW yang berada di zona shaley sand. Artinya, kalo sampe
flow dengan mini DST bisa untuk menambah reserve. Artinya lagi, ini
digunakan pada reservoir dengan quality terjelek, sementara yang lebih baek
sudah teruji dari sumur sekitarnya.

Nah dalam kasus ini, kalo fluid samplenya valid (artinya ada permeabilitas)
kemudian dari gradientnya juga menunjukkan hydrocarbon, saya pikir sulit
untuk tidak percaya. Karena saya pun sekarang percaya banget untuk penentuan
kontak fluida dengan alat ini dan kalo perlu ambil sample.

--
Salam hangat

Shofi

Kirim email ke