Saya pikir definisi pressure (normal&over) dari mas Agus MR sudah lengkap dan
jelas sekali.

Sekedar menambahkan keterangan mas Simon, trend yg terobservasi ini sering
disebut normal compaction trend, nah simpangan dari trend ini yg sering dipakai
sebagai simpangan terhadap normal pressure --> overpressure. OP bisa terjadi di
sand ataupun shale, tapi baseline normal pressure nya selalu dibuat di shale.
Pengamatan trend yg sama juga dibuat terhadap data resistivity, bahkan ini yg
sering dilakukan karena biasanya kita hampir selalu melakukan LWD GR-RES mulai
dari tophole (di bawah base conductor) sampai TD, dan jarang melakukan LWD
sonic (cmiiw). Tentu ada kendala dengan resistivity-based prediction, terutama
untuk daerah dengan variasi salinitas air yg tinggi, dalam hal ini sonic-based
prediction lebih "reliable". Beberapa perusahaan juga melakukan PWD (pressure
While Drilling) yg merupakan pengukuran pore pressure langsung selama
pengeboran.

Untuk turbidit, bukan pernah lagi mas, hard OP ini sudah jadi menu sehari-hari
(untuk DW Kutai Basin) karena rapid sedimentation nya cenderung mud dominated,
sehingga gagalnya dewatering mud menyebabkan kondisi OP. Untuk NW Borneo di
daerah tertentu, OP ini lebih mild/soft, karena banyak nya sand yg terendapkan
sehingga dewatering mud lebih mungkin terjadi (pressure bleed-off by sands).

Salam,
Herry