Yoga

Mumpung Anda nanya "competent person" , saya
jadinya ingin dongeng.

Waktu say jadi Presiden IAGI , say
diundang oleh Perhapi dalam salah sau acara Raker -nya, nah pada waktu itu
(kira kira thn 1998 gitu) , di Perhapi sedang hangat2 nya sertifikasi .
Antara lain yang menjadi keluhan adalah kenyataan bahwa dalam memberikan
data perihal tambang , diperlukan adanya pernyataan mengenai cadangan
mineral yang ditanda tangani oleh "competent person" .
Pada
kenyataan-nya itu dilakukan oleh "competent person" asing
(kebanyakan daro Ostrali) , jadi Ketua Perhapi waktuitu Herman Affif
merencanakan suatu proyek  sertifikasi yang sangat didukung oleh
Pemerintah.
Nah dibuat proyek ini , antara lain ada studi banding ke
LN dan sebagainya.

Jadi kemudian saya terfikir untuk melakukan
hal yang ama di IAGI , jadi bergulirah kemudian sertifikasi IAGI. Nah saya
sedih dan kecewa bahwa sertifikasi IAGI saat ini kemajuan-nya
kaya  kereta api jaman baheula (kereta api tuk tuk)

Mengenai pertnyaan Anda , menurut si Abah , seharusnya bisa , tentunya
dengan kerja sama yang baik dengan PERHAPI .Nah ini PR  lagi buat PP
IAGI.

Si Abah

> Pak Abah,
>
> Sekalian lagi hangat2nya sertifikasi
di IAGI, mau nanya nih kira2 apakah
> ada sertifikasi untuk
competent person "Coal Geologist"?
> Kalo ada kira2
untuk mendapatnya seperti apa? Sekalian juga prosedur

pendaftaraannya serta biayanya?

> Atas info yang akan
disampaikan saya ucapkan banyak terima kasih

Salam,