Yth Pak Abah,

Kalo tidak salah proses yang dilakukan oleh Perhapi berlanjut sampai kira2
tahun 2003-an, kalo tidak salah pada tahun 2002-an kebetulan sekali saya
termasuk salah seorang praktisi geologi batubara yang diminta sebagai salah
satu nara sumber untuk pembuatan kompetensi person tersebut.
Waktu itu kami bersama rekan2 dari beberapa mining company (Freeport, Newmont,
KPC, Berau Coal, dan Bukit Asam) sempat berdiskusi selama kira2 tiga hari tiga
malam di mine site-nya Bukit Asam dalam merumuskan parameter standard untuk
kriteria kompetensi unit untuk praktisi pertambangan (diskusinya dipandu oleh
salah satu konsultan nasional kita).

Saya melihat waktu itu proses pembuatan standard kompetensi ini sudah sangat
bagus, dimana semua stake holder dunia pertambangan terlibat didalamnya,
apalagi pada waktu itu asosiasi-asosiasi pengusaha tambang juga terlibat secara
langsung didalamnya.

Kalo tidak slah, selang tiga bulan sesudahnya konsultan tersebut menerbitkan
beberapa panduan buku hasil perumusan pada waktu itu.

Yang saya bingung adalah semenjak proses penerbitan rumusan itu selesai, sampai
hari ini, tidak terdengar lagi ada aktifitas yang menunjukkan tindak lanjut
dari pembuatan standard sertifikasi tersebut (mungkin juga saya kuper jadi
tidak banyak mengikuti pemberitaan mengenai hal ini).

Tapi yang jelas, sampai saat ini saya tidak menemukan satupun institusi di
Indonesia yang mempunyai tugas, tanggung jawab dan wewenang dalam hal
sertifikasi tenaga pertambangan. Kalaupun ada dari ESDM itu adalah badan
pemerintah yang mengatur aturan2 minimum yang harus dipatuhi oleh seorang
praktisi pertambangan agar ybs tidak menyimpang dari aturan hukum yang ada.

Sementara institusi yang mengatur standard norma dan etika bidang skill
keteknikannya sendiri tidak / belum ada. Hal ini menurut saya mengakibatkan
pada akhirnya hampir sebagian besar lembaga keuangan (bank dan finansial
institution lainnya) kurang begitu mempercayai hasil pekerjaan sebagian teman2
konsultan di tanah air.

Ada pengalaman menarik yang saya pernah alami ketika saya diminta untuk
melakukan due-dilligence dan review hasil pekerjaan teman2 konsultan dan
institusi pendidikan di tanah air dalam bidang evaluasi tambang batubara.
Hampir sebagian besar owner company menanyakan kepada saya, kenapa Bank2 dan
Finansial Institution di Singapore, Hongkong, London, Australia, dlsb, kurang
begitu mempercayai hasil evaluasi yang dilakukan oleh para konsultan Indonesia,
sekalipun yang mengerjakannya adalah institusi pendidikan.
Dari kasus2 ini saya berpikir mungkin karena dinegara kita tidak mempunyai satu
institusi independent yang dapat menjamin kelayakan kompetensi seorang tenaga
pertambangan di tanah air (misalnya seperti AusIMM di Australia untuk tenaga
pertambangan atau seperti AAPG untuk perminyakan).

Dari beberapa hal yang diutarakan dalam forum ini sebelumnya menyangkut maslah
kompetensi unit tenaga pertambangan, saya menangkap kesan bahwa sertifikasi
yang dilakukan oleh institusi2 di negara kita baru menyentuh pada penguasaan
kemampuan tehniknya saja, sementara etika dan aspek norma dalam mengamalkan
pengetahuan tersebut belum terstandardkan dengan baik.

Saya bisa berikan contoh, seorang geologist yang melakukan manipulasi statement
resources dinegara kita jika ketauan tidak akan mendapatkan punishment apapun,
atau kalaupun ada punishmentnya tidak berat2 amat (tidak ada tuntutan hukum
yang jelas dalam hal ini).
Sementara bagi mereka yang hari ini sudah terdaftar sebagai kompeten person di
institusi international, jika melakukan hal tersebut akan berisiko pada
tuntutan hukum, serendah2nya dia akan dicabut membernya dan dikucilkan dalam
dunia pertambangan and semua statementnya tidak akan berlaku di institusi
finansial manapun.

Etika dan norma profesi inilah yang menurut saya harusnya terintegrasi dalam
syarat sertifikasi yang akan diberikan pada seorang praktisi geology kita.
Bahwa apapun yang akan kita kerjakan dan kita lakukan secara hukum mempunyai
resiko.

Ada pengalaman lainnya selama saya bertugas sebagai konsultant, dimana saya
pernah melakukan review pada hampir 100 laporan deposit geo-batubara yang masuk
ke salah satu perusahaan yang saya tangani.
Hampir 90% dari laporan-laporan tersebut menyatakan bahwa deposit coalnya
potential secara economis, tapi begitu saya review tidak ada satupun yang
benar2 ekonomis. Setelah saya selidiki ternyata kebanyakannya para geologis
kita berani menyatakan ekonomis adalah agar proyek2 eksplorasinya terus
berlanjut dan agar dana dari owner dapat terus turun.
Bahkan tragisnya, ada beberapa geologis yang waktu itu laporan dan arealnya
sedang saya review, tidak segan2 meminta kepada saya untuk dapat
mem-feasible-kan areanya, agar budget explorasi turun dan tidak segan2 menawari
saya untuk sharing.
Tragis sekali hal ini terjadi justru dilakukan oleh para intelektual2 kita.
Mungkin ini adalah salah satu sebab kenapa hasil product sebagian dari teman2
konsultan ditanah air kita tidak mendapat kepercayaan dari pihak luar.

Tapi juga ada lho hasil product konsultan tanah air yang begitu mendapat
apresiasi tinggi dari pihak luar, bahkan kadang mereka tidak percaya bahwa
report2 tsb. di hasilkan oleh konsultan tanah air.

Kembali lagi ke masalah sertifikasi, mungkin sudah saatnya kita2 profesional
geologist (tambang dan minyak) untuk bisa berurun rembuk membuat suatu wadah
sertifikasi untuk praktisi tambang di tanah air. Sertifikat yang akan bisa
diterima baik dimata pelaku usaha tambang maupun institusi keuangan (bank dan
bursa saham).

.....udara, tanah, air dan segala yang terkandung didalamnya adalah semata-mata
milik negara dan dimanfaatkan sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat.....

Semoga potongan dalam UUD tersebut dapat menjadi starting point buat kita
praktisi geologist untuk dapat bermufakat dalam pembentukan wadah sertifikasi
tenaga perminyakan dan pertambangan agar kita bisa beretika dalam menjalani
profesi kita.....

Salam,
Yoga