Saya sependapat dengan pak Koesoema , mungkin agak "jauh" kita
mencari alasan penyebab matinya ikan kan ini diakibatkan aktifitas
magamatism.
Sdr Awang  secara implisit telah mengemukakan bahwa
tida selalu magamatim penyebabnya , dengan menyatakan perlunya
membandingkan isotop S.
Dari pengamatan saya , secara apriori
berpendapat bahwa kematian ikan ini diakibatkan oleh terlewatinya daya
dukung danau dalam mengurangi dampak kelebihan H2S sebagai produk dari
kotoran  ikan keramba.(ditambah polutan industri/rumah tangga)
Hal ini sudah pernah terjadi juga di Saguling.
Dengan demikian maka
sangat perlu diteapkan maksimal ikan yang masih dapat ditolerir leh daya
dukung danau baik dalam muism penghujan dan terutama pada musim kemarau,
dimana influx air kecil dan aliran sungai sangat lambat.

Jadi
kalau bisa berfikiran sederhana mengapa harus berfikir comlicated
heheh.

Yanto R.Sumantri

    Saya hanya ingin mengingatkan saja bahwa
keluarnya H2S itu tidak selalu
> harus berhubungan dengan
magmatism dan hydrothermal activity. Pembusukan
> zat organik itu
sering menghasilkan H2S. Terjadi di sedimentary
> environment yang
tidak ada sirkulasi oxygen (anoxic), karena tertutup
> ambang dari
laut terbuka.
> Bahkan manusia sebagai organism juga sewaktu-waktu
mengeluarkan H2S, jadi
> tidak selalu harus berhubungan dengan
magmatism, volcanism  atau
> hydrothermal activity.
> Saya
kira banyak di textbook membahas mengenai euxinic condition ini.

Wassalam
Subandrio" <an...@gc.itb.ac.id> wrote:

> [...]
sangat
selalu berkaitan
besar danau-danau seperti
lingkungan gunungapi. Pengayaan sulfida
aktifitas hidrotermal gunungapi dan menghasilkan
Cu-Pb-Zn adalah endapan Kupferschiefer (Copper Shale) yang
kondisi euxinic atau

saja bahwa terjadi pemunculan H2S di air Danau
>>> tidak
selalu harus dihubungkan dengan magmatism atau hydothermal
bahwa extremely reducing sedimentary
>>> environment
diberbagai danau di dunia, bahkan di laut tertutup pun

dapat terjadi euxinic basins (mungkin sekarang disebutnya anoxic), di
sewaktu-waktu
di dekat permukaan danau,
zat organik yang membusuk, serta
shale facies yang khas dengan golden fossils-nya,
>>> karena
cangkang fosil sudah diubah dengan pyrit. Salah satu contoh
(Black Sea).