Pak Koesoema betul sekali.
Namun demikian perkenankan saya berbagi informasi tentang kejadian-kejadian
yang berhubungan dengan munculnya gas2 H2S dan gas lainnya kepermukaan bumi
pasca tsunami Aceh 4 tahun yang lalu. Kebetulan Badan Geologi sering sekali
ditugasi untuk memonitor munculnya berbagai macam gas bahkan minyak bumi
diberbagai wilayah khususnya di Sumatra, Jawa dan Kalimantan. Agaknya ada
fenomena geologi baru (pasca tsuami Aceh) yang menarik untuk didiskusikan
oleh ahli kebumian. Saya kira bukan secara kebetulan gas-2/hydrocarbon
muncul dimana-mana pasca tsunami tersebut yang sebelumnya belum pernah
termonitor oleh kami mulai gas H2S, CO2, Methana dlsb. Pemerintah daerah
melalui laporan masyarakat sampai saat ini sering melaporkan munculnya gas-2
tersebut dan senantiasa kita tindak lanjuti dengan mengirimkan ahli-2
geologi kita ketempat tersebut. Berkaitan dengan matinya ikan2 di danau
maninjau mungkin juga karena ada penambahan konsntrasi gas H2S dari dasar
danau maupun dari dinding2 danau tersebut,. Untuk daerah yang satu ini
memang kita belum pernah mengirimkan tim kesana, boleh jadi gas-2 tsb juga
muncul di danau2 lainnya tapi tdk pernah dilaporkan. Boleh saya berpendapat,
kemungkinan ada gerakan-gerakan vertical yg secara intensif sedang terjadi
pasca tsunami aceh sehingga menyebabkan pendangkalan (?) dapur magma dan
juga terjadinya rekahan-2 pasca tsunami yang memfasilitasi gas-2 tsb muncul
dipermukaan. Kejadian yg perlu diperhatikan juga adalah munculnya kubah baru
di kaldera Gn.Kelud yang sangat tinggi dan mengakibatkan tertutupnya danau
kaldera yang ada disana. Baru-2 ini masyarakat danau Toba dikagetkan juga
dengan naiknya air danau toba sampai mengakibatkan banjir di kampung-2
disekitarnya dan konon permukaan air danau Toba saat lebih tinggi dari
sebelumnya. Apakah memang sedang terjadi gerakan2 vertikal sebagaimana yang
terjadi pada`saat Mio-Pliosen dan Plio-Pleistosen dan telah membentuk
morfologi rangkaian pegunungan bukit barisan dan juga pegunungan ditempat
lain (?). Saya pernah ngobrol2 ngalor ngidul dengan senior kita pak Jhon
Karamoy dikantor saya 2 bulan yg lalu tentang masalah ini. Beliau malah
memberi informasi bahwa di kepulauan mentawai dan simelue juga muncul
seepages hydrocrabon yang sebelumnya tidak pernah terinformasikan, beliau
juga menambahkan bahwa di pantai2 kedua daerah tsb sekarang dijumpai lobster
besar-2 yang hidup disana yg sebelumnya tdk pernah ada. Adakah fenomena
geologi baru pasca tsunami aceh tsb juga mengindikasikan adanya migrasi
hydrocarbon yg sedang terjadi saat ini dan bahkan terjadinya mineralisasi
baru ?? ( Mohon dg hormat pak Koesoemadan dpt meluangkan waktu memberikan
pencerahan) sudah barang tentu rekan-2 yg lain dapat memberikan pencerahan
ini khususnya terhadap diri saya yg sedang merenung masalah fenomena alam
yang sedang terjadi.. Mungkin ada baiknya bakosurtanal juga mulai mengukur
kembali triangulasi-2 yg ada saat ini, jangan-2 sudah ada perubahan baik
koordinat maupun elevasinya.
Harapan saya, pasca Tsunami Aceh membawa berkah terhadap NKRI yang kita
cintai melalui temuan-2 hydrocarbon dan mineralisasi, serta lapangan2
geothermal baru yg telah dimanifestasikan dengan fenomena alam yang muncul
disana-sini. Dengan seizin Yang Maha Kuasa, melalui ahli-2 kebumian kita
mudah2 an fenomena baru ini dapat dipecahkan secara geoscientific dan
berdampak positif terhadap perekonomian kita.

Wassalam
Hadiyanto

-----