Pak Agus,

Terimakasih atas tanggapannya,
mungkin untuk share saja pada dasarnya alterasi hidrotermal bukan proses
metamorfisme,
basic konsep proses metamorfisma adalah proses perubahan batuan akibat
perubahan P & T dalam kondisi isokimia (tdk ada penambahan/pengurangan
kompisisi kimia) dan perubahan dalam fasa padat. Yang berubah hanya bentuk
fisik dan mineralogy saja.
Menurut hemat saya, alterasi hidrotermal mengakibatkan perubahan komposisi
kimia dan adanya suatu fluida atau larutan produk melting yg masuk dalam batuan
tsb. Transisi antara keduanya memang sering disebut hidrotermal metamorhisma
krn terjadi pengurangan/penambahan volatile component spt. H2O, SO2, CO2.

Kami sendiri mengalami hal yang sama disini, geologist yd sdh lama di
operational atau production, perlu ditingkatkan kembali sense of geology-nya,
akhirnya bekerja seperti menggunakan kacamata kuda, padahal kalau melihat ke
kiri dan kanan bisa melihat hal2 diluar yang biasa. Seperti potensi batuan
ultrabasa di Indonesia Timur hanya dilihat sebagai source of Nickel latarite,
padahal potensi kehadiran Nickel Sulfida sangat besar dan belum dilirik,
apalagi batuan ultrabasa tsb bersentuhan dgn batuan metamorf dan granitic
intrusion, ehm batuan metamorf ini bisa jadi host dari basemetal, PGE and
nickel sulfida mineralization...ups...........

Untuk share pengetahuan geology Insya Allah bisa, gratis he..he..he.., cuma
memang hanya punya waktu terbatas saat saya cuti.
Yang paling sering saya lakukan share ke T. geologi Unhas Makassar krn dekat
dgn Sorowako dan tentu saja temen2 geologist di PT Inco.

Yang bisa saya share basic geology refreshment spt Rock forming mineralogy,
metamorphic petrology, geochemistry, ophiolite/oceanic crust, plume
tectonic/superplume, upper mantle petrology, ultramafic rocks in differing
tectonic setting dan bbrp yang lain yg bersifat aplikasinya. Sebagian besar
memang sdh diajarkan di bangku kuliah

Salam dari kaki pegunungan Verbeek
Ade Kadarusman