Pak Prajuto dan rekan2,

Bila struktur conical yang baru ditemukan gabungan tim riset di offshore West
Sumatra itu benar sebuah gunung (sebenarnya jangan segera menafsirkan itu
sebagai gunungapi), maka jelas mekanisme kejadiannya akan berbeda dengan
gunung-gunungapi di sepanjang Pegunungan Bukit Barisan -Jawa-Nusa
Tenggara-Banda-Sulawesi Utara-Halmahera. Gunungapi2 yang kita kenal itu terjadi
melalui partial melting kerak samudra-astenosfer-kerak benua.

Setting tektonik gunung "baru" ini mestinya ada di prisma akresi atau kerak
oseanik. Satu-satunya tipe gunungapi yang muncul di setting tektonik seperti
itu adalah melalui mekanisme hot-spot. Kita mengenalnya misalnya di pulau-pulau
Hawaii gunung-gunungapi yang muncul dari kerak Samudra Pasifik dan di Christmas
Island, gunungapi beratoll di Samudra Hindia.

Hot-spot muncul karena upwelling mantle plume (material mantel yang naik)
menerobos kerak samudra dan menjadi gunungapi (baik submarine maupun  subarial
volcanoes). Sifat hot-spot volcano selalu basaltik dengan tipe letusan
effusive, tak pernah eksplosif seperti gunungapi2 Sumatra-Jawa sampai
Halmahera. Letusan effusive hanya melelerkan lava secara kontinyu seperti anak
kecil ingusan.

Misalnya Christmas Island, yang dekat dengan kita. Pulau ini berasal dari
sebuah gunungapi dengan mekanisme hotspot yang menerobos kerak Samudra Hindia
60 juta tahun yang lalu, ia tumbuh besar sampai muncul ke dekat permukaan. Lalu
ia ditumbuhi terumbu karbonat atoll. Sekitar 20 juta tahun yang lalu, pulau ini
tenggelam, dan terumbunya membentuk cincin mengitari bekas pulau sebagai coral
sank. Kemudian 10 juta tahun yang lalu pulau ini muncul lagi membuat terumbu
yang mengitarinya berkembang sebagai kompleks terumbu bertingkat (teras) oleh
kombinasi mekanisme fringing reefs dan sea cliff. Itu terjadi sampai sekarang.
The Island is believed to be on a tectonic plate moving northwards a few
centimetres a year that puts its present location some 700 km, or about 15
degrees of latitude, north of where it first emerged from the sea.

Dan, semua gunungapi hotspot akan bergerak mengikuti arah majunya kerak
samudera sebab ia hanya penumpang pasif di atas rakit kerak samudera yang
terapung di atas astenosfer. Maka, Pulau Christmas pun bergerak ke utara
beberapa cm setiap tahun. Perhitungan sederhana saja dengan menganggap
kecepatan lempeng konstan, saat ini Pulau Christmas telah bergerak sejauh 700
km (sekitar 15 derajat garis lintang) dari titik semula ia muncul sebagai
submarine volcano. Begitupun gunung2api di Hawaii. Keunikan di Hawaii yang tak
terdapat di Christmas Island adalah bahwa akar plume materialsnya tak putus
dari pulau2 itu (Oahu dkk.), sehingga mereka terus aktif, dan makin baratlaut
pulau Hawaii, makin tua umurnya, karena kerak Samudra Pasifik saat ini bergerak
ke baratlaut.

Akan halnya gunung "baru" di barat Sumatra itu. Kita baru mengenal morfologinya
saja dari data seismik CGG Veritas. Jangan segera mengumumkan itu sebuah
gunungapi hanya gara-gara ada semacam kaldera berkembang di tengahnya. Hamparan
datar semacam itu wajar ditemukan pada seamount (bukan gunungapi) yang dulu di
atas muka laut lalu sekarang tenggelam karena mengikuti konvergensi lempeng.
Dalam tektonik, morfologi datar di tengah yang ditunjukkan bentukan conical
semacam itu terkenal sebagai "Guyot" (dibaca "giyoo"). Guyot terbentuk karena
seamount (belum tentu volcano) yang ada di atas laut, puncaknya dierosi sampai
rata, kemudian ia tenggelam, dan maju mengikuti konvergensi lempeng samudera
yang ditumpanginya sebagai gunung2 dengan flat-topped morfologi. Pemetaan dasar
laut untuk pertama kalinya pada akhir tahun 1959 oleh Mary Tharp, Bruce Heezen,
Maurice Ewing, atau Harry Hess menemukan banyak guyot di semua samudera di
dunia, dan itulah yang membidani
 lahirnya teori tektonik lempeng.

Maka secara singkat, seperti biasanya, kita harus hati-hati melihat fenomena
apa yang baru diamati di baratlaut offshore Bengkulu itu, jangan terburu
mengumumkan itu gunungapi, apalagi mengatakan kalau meletus bisa sangat
membahayakan sebab dimensinya yang besar. Tak ada hotspot yang eksplosif,
meskipun memang aktif. Hawaii (yang masih aktif) atau Christmas Island (yang
sudah mati) atau guyot di banyak samudera bisa menjadi referensi.

Sebuah guyot akan berbahaya bila ia masuk ke palung, terjepit dan menghentikan
konvergensi di wilayah itu, itu akan mengunci aktivitas tektonik sekian lama,
kemudian saat release, energinya akan sangat besar. Maka daripada berspekulasi
soal letusan gunung baru ini, lebih baik menghitung kapan gunung itu akan
ditelan oleh Palung Sumatra, sebab ia akan mencekik palung itu saat tertelan,
kemudian saat dilepaskan, akan terjadi batuk yang sangat keras. (chocking cough
!).

salam,
awang