Wahyudin,

Iya memang sebagian besar volcanics di Makassar Strait adanya di northern area,
di sebelah selatan kalau ada conical structure besar kemungkinan memang itu
reef. Alasannya adalah kerak kontinen di Makassar Strait utara lebih tertarik
(publikasi terbaru dari Hall et al., 2009) yaitu total 600 km sehingga sebagian
orang menduga bahwa di situ sudah muncul oceanic crust bukan lagi continental
crust yang menipis. Sementara di Makassar Strait selatan kerak kontinennya
lebih masif. Perlu juga diingat bahwa rifting di Makassar Strait utara
dipengaruhi oleh sea-floor spreading di Sulawesi Sea, yang lebih membesarkan
angka Beta-nya (koefisien rifting).

Hubungannya dengan keberadaan volcanics adalah bahwa semakin dangkal Moho,
semakin terangkat heat flow, semakin tipis kerak, semakin besar kemungkinan
mantle material akan naik ke permukaan lewat bounding faults rift dan tersembur
sebagai volcanics - northern area.

Sebaliknya semakin tebal keraknya,semakin jauh kemungkinan mantle materials
tersembur sebagai volcanics di horst block. Ini kasus Makassar Strait -
southern area

salam,
Awang

--- On Thu, 8/27/09, wahyudin.nas...@yahoo.co.id <wahyudin.nas...@yahoo.co.id>