From: Awang Satyana [mailto:awangsaty...@yahoo.com]
Sent: Tuesday, October 06, 2009 9:26 AM
To: iagi-net@iagi.or.id; Forum HAGI; Geo Unpad; Eksplorasi BPMIGAS
Subject: Re: [iagi-net-l] Doa dan gempa

Gempa bukan hukuman atau pelajaran dari Tuhan bagi umat manusia. Apakah
Tuhan menghukum orang-orang tak berdosa (bayi2 yang belum sadar berbuat atas
kehendaknya sendiri) oleh bencana ? Apakah Tuhan memberikan pelajaran bagi
umat manusia dengan bau mayat korban gempa dan wajah alam yang memar ? Tuhan
juga tidak menunjukkan kekuatanNya yang dahsyat dengan menelan banyak korban
-makhluk yang telah diciptakanNya sebab manusia pada umumnya tahu bahwa
Tuhan Mahakuasa dan Mahakuat. Tuhan tak memerlukan pengakuan atas
kekuatanNya dengan menelan korban2. Tuhan tidak sewenang-wenang.

Lalu bagaimana mengartikan bencana bila ia bukan hukuman atau pelajaran dari
Tuhan ? Bencana mengajar manusia bersolidaritas sosial dan menghargai Alam.

Gempa adalah proses geologi normal yang menjadi bencana ketika ia
bersentuhan dengan manusia. Ada area2 tertentu yang menjadi tempat proses
geologi berlangsung terus sampai sekarang. Dalam hal ini, proses2 geologi
tersebut sebenarnya menjadi sistem peringatan dini. Bila manusia tinggal
bersatu di area tersebut, hendaknya mereka tanggap dengan peringatan dini
ini. Berumah tinggal di daerah gempa misalnya bangunlah bangunan yang kokoh
atau bangunan yang sedemikian rupa dibangun sehingga akan ikut berayun
dengan gelombang gempa permukaan yang menjalar, misalnya dengan rangka dan
dinding kayu dan beratap sirap (seperti pucuk cemara ditiup angin yang tak
patah karena berayun ke mana angin meniup). Jangan berumah tinggal di bibir
jurang atau di kaki bukit yang berbahaya longsor kapan saja.

Mari kita berdoa agar para ahli gempa dapat menggunakan rentetan gempa ini
untuk bisa menjadikan mereka semakin cerdas dalam memitigasi gempa. Bukan
suatu hal yang mustahil bahwa kelak gempa bisa diprediksi dengan tepat
sebelum kejadian, manusia dikaruniai Tuhan kecerdasan. Dan mari kita berdoa
agar Pemda dan masyarakat yang tinggal di daerah bencana sadar bahwa mereka
sedang bersentuhan dengan proses2 geologi yang bisa menjadi bencana kapan
saja, kewaspadaan dan kesiapsiagaan harus menjadi bagian kesadaran penuh.

salam duka untuk para korban gempa,
Awang