Pak M.M. Poerbo-Hadiwidjojo juga secara aktif sejak pertengahan tahun 1970-an
telah terlibat dalam penyiapan bab-bab yang menyangkut kegeologian dalam buku
paket IPBA (Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa) SMP dan SMA yang diterbitkan
oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Buku-buku tersebut terkontrol secara
mutu dan bahasa sebab para penulisnya adalah tokoh-tokoh ilmuwan yang menguasai
bidangnya dan biasa menulis. Tiga penulis utamanya adalah : Pak Bambang Hidayat
menulis bab-bab yang berhubungan dengan keantariksaan (astronomi), Pak
Poerbo-Hadiwidjojo menulis bab-bab kegeologian, dan Pak Wajong menulis bab-bab
tentang meteorologi.

Buku-buku IPBA SMP-SMA tersebut masih saya simpan dengan baik, di tempat yang
layak, sebagai kenangan bahwa saya tertarik pada geologi sejak SMP berkat
buku-buku tersebut.

Kamus istilah keilmuan lama terbitan Lembaga Bahasa tahun 1953 bahkan telah
mencantumkan nama Pak Poerbo-Hadiwidjaja sebagai penggagas penerjemahan
istilah-istilah ilmu kebumian di dalam kamus itu. Suatu teladan konsistensi
yang baik.

PSG atau P3G atau secara umum Badan Geologi adalah sebuah institusi yang sangat
konsisten menerapkan penggunaan istilah-istilah geologi dalam bahasa Indonesia
dalam karya tulis anggitan para ahli geologinya. Hal seperti itu saya lihat
juga dalam diri Pak Rab Sukamto, yang lebih suka menyebut batuan bancuh
daripada melange, poton daripada mud volcano. Gaya bertutur menggunakan
istilah2 bahasa Indonesia dalam geologi itu saya temukan juga di diri Pak
Sutikno Bronto, ahli volkanologi dari Badan Geologi.

Saya yakin tidak mudah menemukan padanan istilah2 itu. Sementara itu, Pedoman
Umum Pembentukan Istilah (Kep Men P & K RI No. 0543a/U/1987 tanggal 9 September
1987) mengamanatkan bahwa bila ada padanan istilah dalam bahasa Indonesia untuk
suatu istilah keilmuan, utamakanlah padanan istilah bahasa Indonesia tersebut.
Padanan-padanan istilah dalam bahasa Indonesia tersebut selamanya akan tetap
asing bila kita tidak mempedulikannya apalagi memakainya bahkan melecehkannya.
Marilah kita mulai hargai karya-karya anak-anak bangsa sendiri.

salam,
Awang