Sigit,
1. Yang Sigit kemukakan itu (oil field/seeps di sisi Kalimantan Timur,
Kalimantan Selatan, Jawa Timur dan Sulawesi Barat) adalah benar, bisa
dipastikan berasal dari batuan induk umur Eosen. Ini pula yang sebenarnya
mendukung teori tektonik bahwa tepi timur dan tenggara Sundaland ini pernah
bersatu dulunya, paling tidak pada saat Eosen. Satu lagi yang harus disebutkan
adalah bahwa di Ranggas oil field di slope North Makassar Basin ditemukan di
minyaknya kontribusi dari batuan induk Eocene berasal dari source facies
lacustrine affinity berdasarkan age-diagnostic biomarker dari family lupanoid.
Berdasarkan hal2 yang Sigit kemukakan dan yang saya tulis di atas maka wajar
saja para operator di Selat Makassar Utara maupun selatannya punya play bahwa
synrift graben di tengah Selat Makassar merupakan main sources. Data seismic
regional terbaru yang memotong tegak lurus Selat Makassar sebelah utara maupun
selatan menunjukkan sistem horst dan graben yang nyata di sekuen Paleogen
wilayah ini. Sangat wajar kalau para operator di wilayah ini menjadikan graben
sebagai kitchennya dengan source Eosen seperti minyaknya sudah terbukti di sisi
Kalimantan dan Sulawesi, bahkan di Selat Makassar sendiri yaitu Ranggas.
Pembukaan Selat Makassar terjadi pada Paleogen, pendapat bahwa Selat Makassar
baru terbuka Pada Neogen Akhir-Plistosen (Katili, 1978; Hamilton,1979) tak ada
buktinya.
Seberapa cepat, pre-rift adalah pre-Eocene tengah; dari Eosen Tengah-Oligosen
Awal itu sekuen synriftnya, dan Oligo-Miosen adalah sekuen postriftnya yang
ditandai dengan tumbuhnya reefs yang jadi objektif di wilayah ini di atas
punggung hort. Sehabis itu, seluruhnya adalah sagging dengan cepat dan berbeda
di setiap tempatnya (differential subsidence) antara di tengah Makassar dan
bagian tepi Makassar.
Apa penyebab awal rifting Makassar ini, saya pernah mengemukakan (Satyana,
2003, Proceedings IAGI) dua teori: (1) escape tectonics yang berhubungan dengan
collision Paternoster dan Mangkalihat ke Kalimantan, dan (2) upwelling mantle
plume yang menerobos wilayah amalgamasi Paternoster-Mangkalihat dengan
Kalimantan.
Perhatikan bahwa sagging ini bersamaan dan dipengaruhi oleh load sedimentary
dan tectonic dari Delta Mahakam dan Foldbelt di sebelah barat offshore Sulawesi
Barat. Makassar Utara lebh tenggelam daripada Makassar Selatan karena kedua
loads tersebut adanya di bagian utara Makassar; lagipula Makassar Strait
terletak dekat dengan arm (splay) of spreading dari Sulawesi Sea.
Wilayah lacustrine menurut hemat saya akan di pusat pemekaran lalu beralih
menjadi lebih deltaic ke arah flank (lihat studi rift modern di Easr African
rift valley yang banyak dilakukan oleh Chris Morley saat ia masih di UBD), atau
kita juga bisa belajar dari Bengkalis Trough Central Sumatra.
Pola rifting di Makassar Strait dan rifting2 yang lain di Doust dan Sumner
(2007) berbeda dalam tectonic origin, tetapi saya pikir tak akan berpengaruh
signifikan kepada pengendapan/facies source-nya. Di rift2 seperti di Sumatra
dan Natuna Sea serta South China Sea banyak terjadi sebagai manifestasi escape
tectonics post-collision India-Eurasia; di Jawa mungkin terjadi akibat gerak
roll-back subduction yang mengalami perlambatan saat Eosen tersebut sebab di
ujung Indian plate ada anak-benua India yang menubruk Eurasia mulai pada 50 Ma.
Sementara rifting di Makassar Strait seperti yang saya kemukakan dengan dua
mekanisme di atas.
2. Kalau rate of subsidence cepat, tentu umur shallow marine carbonate reefs
akan sebentar saja. Saat postrifting yang mengendapkan/mengembangkan reefs ini;
belum ada subsidence yang signifikan. Subsidence yang signifikan baru terjadi
pada masa sagging. Jadi, reefs di tengah Makassar maupun di tepi Makassar punya
peluang yang sama untuk nantinya mengembangkan reservoir dengan kualitas yang
sama. Tetapi, pada masa sagging kemudian terjadi perbedaan antara reefs yang di
tengah dengan reefs yang di tepi Makassar; mereka akan berbeda di lingkungan
diageneticnya. Yang di tepi punya kesempatan untuk muncul di vadose
zone,sementara yang di tengah akan di marine phreatic zone. Dari sinilah
kemudian mereka berbeda. Tetapi karena sedimen delta dan sedimen foldbelt
kebanyakan hanya diendapkan di sisi barat dan timur Makassar, maka reefs di
tepi Makassar pun harus mempertimbangkan ini sebab mereka akan punya efek
diagenetic yang lebih besar saat sagging. Ngimbang
 dan CD carbonates di Pagerungan-Sepanjang-West Kangean retak2 karena efek RMKS
Fault Zone di Neogene; sesuatu yang mungkin tidak terjadi di reefs Selat
Makassar.

3. Melihat thrust vergency fold-thrust belt West Sulawesi yang semuanya ke arah
barat atau thrust-nya miring ke timur menunjukkan bahwa stressnya berasal dari
sebelah timur. Melihat bahwa fold-thrust belt tersebut juga thin-skinned
tectonics, maka kemungkinan inverse menjadi kecil. Lalu bila kita melihat
pengangkatan Pompangeo metamorphic di Central Sulawesi dan pengangkatan ESOB
(East Sulawesi Opholite Belt), maka satu-satunya yang mungkin menyebabkan ini
semua adalah memang collision Banggai-Sula microcontinent terhadap ESOB dan
bagian baratnya. Secara ruang dan waktu pun cocok. Fold-thrust belt West
Sulawesi adalah ujung barat dari pengaruh collision ini. Beberapa penulis (mis
van der Weerd dan Armin, 1992, AAPG Bull) pernah menulis bahwa Samarinda
Anticlinorium di East Kalimantan akibat collision Banggai pula; pendapat ini
tak ada buktinya bila kita mengecek data seismic dari Kalimantan Timur-Selat
Makassar-Sulawesi Barat. Data seismic pula yang
 menunjukkan bahwa kita tak punya compressional structures pada saat rifting.
Dan, mereka pun tidak inverted pada saat Neogen ketika fold-thrust belt West
Sulawesi terjadi sebab kompresi ini bersifat thin-skinned tectonics.
Gravitational sagging akibat fold-thrust belt ada di sisi collision, itu yang
menekuk Banggai Basin tenggelam sehingga batuan induk ekivalen Tomori matang
dan menggenerasikan hidrokarbon untuk Matindok, Senoro,Donggi,Tiaka dll.
Tectonic loading fold-thrust belt pun telah menenggelamkan sebagian sisi timur
Makassar Strait; ke oil atau gas window. Hanya menekuk, tanpa membuat trap
seperti di sisi Banggai. Tetapi traps di fold-thrust beltnya jelas ada.

4. Saya tak melihat thick-skinned tectonics dari pra-Tertiary ke Late Tertiary
terjadi di Selat Makassar. Berbeda dengan di Sumatra bahwa basement-nya bisa
terpengaruh oleh berbagai periode tektonik (F0, F1, F2,F3- lihat terminology
tentang ini di Heidrick dan Aulia, 1993 –Proceedings IPA) dan bahwa Sumatra
sepanjang zaman terletak di sisi aktif lempeng yang konvergen; tidak demikian
halnya dengan Selat Makassar. Horst dan graben Paleogen tetap sebagai horst dan
graben,tidak ikut terinversikan sebagai Sunda structure type seperti banyak
ditemukan di South Sumatra. Meskipun demikian, peluang basement reservoir
mungkin saja,hanya mungkin bukan efek deformasi tetapi karena weathering saat
pre-rift,kalau ia sempat punya hiatus sebelum synrift. Semakin panjang hiatus
semakin besar peluang weathering. Dari source synrift ke basement bukanlah
migrasi lateral, sebab migrasinya berupa disassociated charging
(source-reservoir berbeda umur), sebuah migrasi
 lateral yang ideal terjadi dalam associated-charging (source-reservoir seumur).
5. Suatu fold-thrust belt yang thin-skinned di luar/depan (bagian yang muda)
tak jarang menjadi thick-skinned di dalam/belakang (bagian yang tua). Jadi,
bisa saja Eocene clastics terlibat dalam deformasi tersebut, hanya tidak di
semua area. Fold-thrust belt West Sulawesi sebagian besar disusun oleh sedimen
Neogen yang di Sulawesi didominasi oleh batuan volkanik Camba Formation.
Kualitas reservoirnya bisa kita periksa/uji dengan beberapa hal ini : (1)
volkaniklastik bisa menjadi reservoir, tetapi pertimbangkan efek diagenesisnya
saat volcanic materials-nya jadi mineral lempung yang akan menutup porositas,
(2) volkaniklastik West Sulawesi yang membentuk fold-thrust belt tak
tertransportasi jauh dari provenance, ini akan menyebabkan immature sediments
dari segi reservoir (sorting buruk, clay winnowing kurang,dll.). Saya tak yakin
ada delta berkembang dengan baik di sisi Sulawesi sebab morfologi space of
accommodation di sisi barat Sulawesi curam; delta tak
 akan berkembang di sisi seperti itu; ia butuh space accommodation yang
melampar luas dan landai serta submerged secara seragam.Ini akan menyebabkan
sediment very mature dan recycled beberapa kali (lihat kasus Kutei-Mahakam
saja). Sesar2 besar bisa untuk fairway sediments bila pada masanya ia menjadi
tempat sungai besar dan menjadi tempat feeder sediments. Sesar bukan syarat
utama untuk delta,lihat saja, Delta Mahakam justru terjadi di area bukan sesar
utama (Adang dan Mangkalihat). Demikian juga Balingian-Baram,lokasinya tak
persis di Tinjar Fault. Lebih2 lagi Walanae Fault di Sulawesi Selatan, sesar
ini tak berujung di suatu space of accommodation sebab Laut Flores tak
submerged sebagus Makassar Strait.
Salam,
Awang