Pak Djedi ysh,

Terimakasih pak untuk responnya.

Betul pak bahwa hitungan yang dilakukan yaitu pada batuan dasar,
berupa peta PGA dan Spektra Percepatan untuk short period (0.2 sec)
dan untuk 1-second period untuk kemungkinan terlampaui 10% dalam
50 tahun (atau gempa 475 tahun) dan 2% dalam 50 tahun (atau gempa 2475 tahun).

Tetapi telah disiapkan juga scenario perhitungan di permukaan
dengan memperhitungkan faktor amplikasi dengan menggunakan beberapa
skenario jenis tanah.

Sedangkan untuk struktur yang sifatnya khusus, seperti pembangkit listrik dll,
untuk site effect sangat disarankan untuk melakukan investigasi detail,
selain menggunakan data PGA dan spektra yg telah dibuat di batuan dasar.

Saya yakin pak Wahyu, pak Ilik dll bisa memberikan informasi yang lebih lengkap.

Nuhun dan salam,
irwan