Seluk beluk pengangkatan Kepala Teknik Tambang (KTT)sebenarnya sudah diatur
dalam Pasal 6.7,8,9,10 Kepmen 555.K/26/M.PE/1995.Dalam Kepmen 555
tersebut,KTT dibagi dalam 4 klasifikasi,yaitu: Kelas IIIB,Kelas IIIA,KelasII
dan Kelas I.Disana disebutkan bahwa KTT bisa dijabat oleh lulusan STM dan
juga DIII bahkan oleh Warga Negara Asing dengan persyaratan khusus dan
tertentu.

Dalam perkembangannya,saat ini memang dibuat berjenjang yaitu:POP,POM dan
POU melalui uji kompetensi.Jadi seolah tidak lagi menikuti amanah Kepmen 555
tersebut.Seyogyanya perlu ada pengaturan kembali tentang KTT ini,disesuaikan
dengan perkembangan dan kebutuhan saat ini.

Rasanya benar juga kalau menjabat KTT,kok latarbelakangnya tidak mendukung.
Salam,
(hts)

Kirim email ke