mantap juga asumsi asumsi mas mark tingay ini,
1. kalau sekarang dia berpendapat bahwa batuan di bawah sumur  adalah
batupasir vulkanik tight..dari mana dia mendapatkan datanya? hanya berdasar
seismik atau koleksi cutting (berarti tak percaya sama diskripsi wsg saat
kejadian), kalau hanya berdasarkan interpretasi seimik tentunya
bisa meleset.
2. Kenapa dia harus berasumsi pengukuran BHP di low matrix permeability
tidak valid?, apakah BHP pressure dalam statik? MWxdepthx0.0052? tak ada
hubungannya sama sekali!, atau dalam kondisi dinamik?
FP-Hydro.Press=SIDPP?..jelas lah pengukuran drilling  data saat terjadi kick
lebih VALID dibanding asumsi belakangan, karena tekanan itu nyata, angka
pressure itu terekam..bukan jadi tak ada setelah asumsi dari "langit"
datang.
3. Kalau Fluid source datang dari high pressure dan high permeability yang
bisa shale bisa karbonat, bagi saya asumsi ini ambigu: shalenya yg high
permeability (?) atau carbonatnya yg high pressure?..apakah ini sesuai
dengan cutting yg muncul saat drilling?
4. Aplikasi Bottom hole pressure juga dipakai dalam geothermal, dimana
pressure dan temperature berperan besar dalam kalkulasinya, apakah mark
tingay mau memodelkan BHP di Lusi kearah aplikasi di geothermal dengan
asumsi tight batupasir vulkanik dibawahnya?.

2011/5/27 Awang Satyana <awangsaty...@yahoo.com>

> [...]
> juga di dalam volcanics-nya sendiri, dan pengukuran BHP menurutnya menjadi
> tidak valid sebab diukur di low matrix permeability.
>
> Tingay menambahkan bahwa hal-hal yang sudah diketahui/disimpulkan sampai
> saat ini adalah:
>
> - sumber lumpur adalah Formasi Kalibeng
> - terdapat reaktivasi sesar berarah BD-TL (Watukosek Fault)
> - Reaktivasi sesar ini searah dengan present-day stress state
> - Tak ada Kujung ditembus sumur, tetapi mid-Miocene carbonates
> - Fluid sources berasal dari interval yang high pressure dan high

   Data lain yang perlu diambil untuk memahami Lusi lebih baik menurut

--
Sent from my Computer®

Kirim email ke