Kalau soal besarannya tentunya harus ada hitungan detilnya. Saya memberikan
angka 10% ini hanya sbg kira-kira saja.
Semestinya secara ekonomis dan matematis dapat diperhitungkan dengan benar.

Rdp

On Monday, November 21, 2011, kartiko samodro <kartiko.samo...@gmail.com>
wrote:
> Mas Vicky
> Menurut saya daripada negara harus membeli dengan harga 10% dari harga
wajar lapangan discovery yang tidak diproduksi , yang itung itungan volume
dan reservesnya juga masih belum jelas, apakah tidak lebih baik pemerintah
mengganti 25% biaya eksplorasi yang discovery tapi tidak akan
diproduksi/tidak ekonomis dengan syarat  lapangan dan data data
eksplorasinya dikembalikan ke negara.
                                  Itung itung negara ikut serta 25% dalam
biaya pengambilan data baru, dan perusahaan yang discovery tapi tidak
ekonomis hanya rugi 75%.

> 2011/10/22 Rovicky Dwi Putrohari <rovi...@gmail.com>
>
> Oki
> kalau masih ingat gambar yang pernah aku post ttg "lag time" (selang
waktu) antara discovery sampai production beberapa pekan lalu, disitu
terlihat bahwa discovery migas kita hanya 50mmbo sedangjkanproduksi 900
ribu perhari  jadi diindonesia memproduksi kira-kira 350 juta setahun tapi
hanya menemukan 50 juta setahun

> Kurang ?
> Jelas doonk... jauh dari RtP yg semestinya imbang.
>
> Makanya saya mengatakan kita iningga perlu PSC (Production Sharing
Contract) tapi kita perlu ESC (Exploration Sharing Contract)
http://rovicky.wordpress.com/2011/10/06/bukan-sekedar-muter-keran-perlu-exploration-sharing-contract/#entry