Kalau dari survey gpr dan juga stratigrafi di Trowulan yg dilakukan ADB dkk
terlihat bahwa ada "konstruksi" lain dibawah konstruksi yang saat ini
dikenal sebagai Majapahit. Bisa diinterpretasikan ada sekelompok
"komunitas" lain sebelum adanya majapahit. Bisa saja berupa kerajaan lain
atau "kota" atau bahkan bisa saja kerajaan lain.
Ini kang ADB mestinya bisa cerita nantinya. Btw, PP IAGI sedang
mempersiapkan seminar, mudah-mudahan akan dilaunch dalam waktu dekat.

Yang masih menjadi pertanyaan dasar saya adalah, apakah benar bahwa
kerajaan-kerajaan ini Indonesia (nusantara) ini tumbuh kembang dan tergeser
akibat saling berperang fisik, atau karena kompetsisi perdagangan ?

Salam
Rp

On Sunday, February 19, 2012,  <rakhmadi.avia...@gmail.com> wrote:
> Loh kalo Gitu secara stratigrafi Majapahit sudah ada pada saat Sriwijaya
ada, bisa jadi Majapahit lebih tua dari Sriwijaya ato sebaliknya oto
setara, shg bisa terjadi cultural exchange pre war, shg sangat mungkin
cultural remnantnya tidak jauh beda, krn adanya cultural exchange tadi

> Saya akan sulit membayangkan kalo cultural remnant Kerajaan Sunda berbeda
100% dg Majapahit / Sriwijaya, ya ini mungkin hal yg logis yg bisa tawarkan

> Terima kasih
> Selamat week End
> Avi 0666
> Nomor Cantik
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> ________________________________
> From: Junrial Hairul Huzaen <junria...@yahoo.com>
> Date: Sun, 19 Feb 2012 01:30:26 -0800 (PST)
> To: iagi-net@iagi.or.id<iagi-net@iagi.or.id>
> ReplyTo: <iagi-net@iagi.or.id>
> Subject: Re: [iagi-net-l] Kerajaan Sunda - [was: GUNUNG PADANG... Angle
of Repose]
> ada kemungkinan begitu. kompas juga menyatakan yg mengalahkan raja
Darmawangsa, mertua Airlangga adalah Sriwijaya atau raja bawahan Sriwijaya.
jadi kekuasaan Sriwijaya pada abad itu mungkin sudah sampai Jabar/Jateng.

> ________________________________

ya? pasalnya Sriwijaya membangun borobudur di Jawa tengah, tidak di ibu
kota kerajaan (Sumatera), tentunya kerajaan di Jawa barat dan tengah di
abad ke -7 semua tunduk ke Sriwijaya
> salam
> Razi
>
> 2012/2/19 R.P.Koesoemadinata <koeso...@melsa.net.id>
>
> Maaf, saya baru meresponse sekarang. Saya sebetulnya kurang begitu faham
mengenai sejarah Sunda, karena situs-situs yang diketahui kurang
spektakuler seperti di Jawa Tengah dan Jawa Timur, kecuali Megalith di G.
Padang.
> Tetapi penemuan penting dan sangat significant adalah Candi Batujaya di
daerah Krawang, yang merupakan suatu kompleks percandian dekat sungai
Citarum. Candi-candi ini bukan saja merupakan tempat ibadah Buddha, tetapi
juga meliputi pemukiman.
> Suatu thesis doktor mengenai Candi Batujaya ini dipublikasikan tahun
2010 oleh Penerbit Kiblat Buku Utama di Bandung bersama Pusat Penelitian
Arkeologi Nasiona, Ecole Francaise d'extreme Orient,  dan dapat dibeli di
Gramedia. Thesis doktor dari Dr. Hasan Djafar ini dipertahankan di UI tahun
2007.
> Candi ini dibangun dengan batubata (bukan batu andesit seperti
Borobudur), dan juga merupakan candi Buddha. Bata terbuat dari tanah liat
dengan camburan jerami, sehingga radiometric dating dapat dilakukan, yang
menghasilkan umur sekitar 500 tahun (abad ke-6) sesudah Masehi, jadi jauh
sebelum Borobudur dsb. Artefact yang banayk diketemukan sangat sesuai
dengan artefact yang diketemukan di bukit Kordon Dago-Pakar, kecuali di
Batujaya tidak diketemukan artefak obsidian (kalau adapun sangat-sangat
jarang). Ini menunjukkan bahwa mungkin sudah ada komunikasi lewat sungai
Citarum dengan budaya yang terdapat di Cekungan Bandung.
> Complex Candi ini sedang direstorasikan oleh Pusat Penelitian dan
Pengembangan Arkeologi Nasional (Dinas Purbakala?), dan paling tidak 2
sudah selesai.
> Yang menarik adalah bahwa candi ini menunjukkan bahwa peradaban di Jawa
Barat telah mendahului yang berada di Jawa Tengah/Timur, serta juga
menunjukkan bahwa agama Buddha telah mendahului agama Hindu sampai di Jawa.
> Jadi Candi Batujaya itu dibangun semasa Kerajaan Tarumanagara yang
dimulai abad ke-6 dan dan berlanjut sampai ke Abad ke 10 waktumana
Tarumanagara di serang oleh Kerajaan Sriwijaya.
> Dengan demikian Kerajaan Sunda seperti yang di Pajajaran dan yang di
Galuh, itu adalah tergolong 'recent', bahkan Pajajaran masih ada mejelang
datangnya orang Portugis, sedangkan yang berperang dengan Majapahit di
medan 'bubat' adalah kerajaan Galuh. Buku sejaran tentang Sunda yang
sekarang ini kebanyakan mengenai yang masih 'recent' ini. Candi-candi di
Jawa Barat seperti di Cangkuang (Garut) dan yang dekat Bandung belum jelas
hubungannnya.
> RPK

*"Sejarah itu tidak pernah usang untuk terus dipelajari"*

Kirim email ke