Sedikit menambahkan saja karena sudah banyak yang urun rembuk. Semoga berguna.

Analisa Swirr menggunakan metoda rel-perm dan Capillary Press. Dari
metoda Pc kita cari asymptote kurva PC vs Sw.
** sangat tergantung kepada metode yang digunakan. Saya asumsi yang
digunakan adalah metode centrifuge karena ini cara paling murah dan
cepat. Menentukan apakah setelah proses desaturasi (drainage) Sw sudah
menjadi Swirr sangat tergantung sekali kepada lamanya waktu yang
diperlukan supaya kondisi kejenuhan air stabil pada tiap tiap tekanan
kapiler, terutama pada kondisi tekanan kapiler tinggi dimana kita
suspect Sw sudah menjadi Swirr. Coba minta ke vendornya kalo punya
water production data di tiap tiap tekanan kapiler dalam bentuk water
production vs time. Barangkali saja belum stabil, sehingga Swirr belum
mewakili**

Sedangkan Sw nya didasarkan dari soxhlet extraction. Lumpur
pengeborannya menggunakan lime-KOH. NMR low confident karena saat di
plot dengan VSH, data CBW scatter, sehingga sulit untuk mendapatkan
CBW.Pada  formasi tersebut tidak diketemukan sand yang benar-benar
100% air, tidak diketemukan oil water contact, namun mempunyai Swirr
30% dan Swe 75 %. Kalau melihat perbedaan ini, tentunya ada indikasi
water out. Ini yang menjadi concern saya, pernahkan rekan-rekan
menemukan hal seperti ini pada reservoir yang belum banyak diproduksi.
** Ini berarti dari Dean Stark analysis. Kalo kita memakai water based
mud, maka air yang kita ambil dari core sudah diinvasi oleh mud
filtrate selama pengambilan core, sehingga tidak mengherankan angkanya
menjadi besar sekali. Kita boleh mengabaikan hasil ini.  Lebih
tepatnya, water based digunakan untuk mendapatkan saturasi minyak
residual (Sor). Saya berasumsi bahwa CBW dari NMR yang dimaksud adalah
porositas NMR di bawah 3 msec. Feeling saya, barangkali perlu beberapa
alat untuk menghitung kembali VSH nya, mungkin bisa kombinasi dengan
metode GR dan Density-Neutron just in case GR menunjukan radioaktif di
sandstonenya. Korelasi NMR dengan CBW mungkin bisa dari Shale section.
mengenai Sw yang tinggi, ini tidak musti bahwa water out akan tinggi.
Sw yang tinggi karena Swirr yang tinggi bisa menghasilkan water-free
hydrocarbon. Coba pakai metode Buckle Chart untuk menetukan apakah
zona interest ini menghasilkan hydrocarbon tanpa air atau dengan
air.**

Oh ya pengambilan samplenya pada titik yang sama. Sekarang saya masih
struggle dengan otak-atik kemungkinan Rw dan shale resistivity. Rw
yang digunakan relatif rendah, kurang dari 0.5 yang hal ini sesuai
dengan pengendapannya di neritik. Sw dihitung dengan menggunakan model
Simandoux.
** memang susah memakai harga Rw kalao tidak punya water bearing sand
atau data produksi dari sumur sebelah. Saya setuju memakai pendekatan
harga Rw melalui analogi lingkungan pengendapan**

2012/10/14  <dharmayanti_de...@yahoo.com.au>:
> [...]
> digunakan relatif rendah, kurang dari 0.5 yang hal ini sesuai dengan
> pengendapannya di neritik. Sw dihitung dengan menggunakan model Simandoux.

Ketua Umum: Rovicky Dwi Putrohari, rovicky[at]gmail.com
Sekjen: Senoaji, ajiseno[at]ymail.com
For topics not directly related to Geology, users are advised to post the email
to: o...@iagi.or.id