Kembali ke 5W dan 1H saja ya?
Salam.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: Andi AB Salahuddin <a_baiq...@yahoo.com>
Date: Sat, 3 Nov 2012 14:17:59
To: <iagi-net@iagi.or.id>
Subject: Re: [iagi-net-l] Merged Play Risk: Andalan dari Timur Jauh (Was Re:
[iagi-net-l] KALAU PERTAMINA JADI KE TOTAL)

Menurut saya pertanyaan yang sangat bagus dari Pak Kartiko.

jawaban atas pertanyaan tersebut setidaknya bisa memberikan informasi lebih
lanjut mengenai paleogeografi di daerah ini. darat-kah, deltaic-kah, laut
dalam-kah, atau mungkin danau-kah, atau...? jika ada tambahan data fossilnya
tentunya akan lebih mendukung lagi. syukur-syukur jika paleogeografi di area
ini bisa dihubungkan alias klop dengan either Tangguh di utara atau Abadi di
selatan.
#...komponen reservoir presence/continuity dalam play risk analysis...#

kita aware bahwa jika dicermati lebih lanjut ternyata jawaban dari pertanyaan
tersebut tidak hanya bisa membantu mencari hubungan (jika ada) sand di semai v
dengan sand yang ada di utara atau di selatan. malah bisa lebih jauh lagi,
asumsi/informasi tersebut akan mengonfirmasikan tipe kerogen si
intraformational Jura/?Triassic SR. selanjutnya, dengan asumsi-asumsi
sebelumnya kita bisa mulai menerka-nerka, kira-kira minyak atau gas yang
seharusnya terakumulasi di dekat-dekat situ.
#...komponen kerogen type/ hc type&maturity dalam play risk analysis...#

jika seandainya setuju bagaimana jika untuk mencari jawaban atas pertanyaan
“coarsening upward atau fining upward” kita pakai simple "back-calculation"
saja dari asumsi2 sebelumnya menggunakan logika sederhana if, then, else yang
kira-kira sbb:

IF: gas show present. early charging. single SR
*THEN: tipe kerogen 3 alias terrestrial. Possibly bagian levee suatu channel
belt? Adanya coal akan mengonfirmasikan lebih pasti.

ELSE
IF: gas show present. late charging. single SR
**THEN: tipe kerogen 2 alias kombinasi terrestrial-marine. Possibly akan
dijumpai coarsening upward sequence dari suatu sistem delta?

ELSE
***Kerogen 1 alias marine.

Berandai-andai.., misalnya saja interpretasi lingkungan pengendapan  sand (dan
intraformational SR) yang dipenetrasi oleh sumur semai v adalah:

...Darat: apakah lingkungan terrestrial ini merupakan daratan yang terpisah
dari Tangguh ataupun Abadi..? (asumsi ke 2 field terkahir adalah terestrial di
waktu yg sama). Atau jangan-jangan menyambung dari utara ke selatan?
mostlikely/leastlikely?
...Deltaic:  apakah lingkungan deltaic ini merupakan ekstensi dari terrestrial
di Tangguh atau Abadi? Jika misalnya ekstensi dari lapangan tangguh, tentunya
kita berharap di selatan semai v akan semakin distal/marine.
...Laut:  masih ada harapan mendapatkan sesuatu yang relatif lebih  proximal di
utara semai v. Namun jika betul bahwa di daerah semai v ini lingkungannya
marine, dan dikatakan ada gas show dari single type SR, bisa jadi
mengindikasikan sesuatu yang i’d say really2 late phase dengan grad.geoth. yang
relatif sangat tinggi over geological time.

Silahkan jika pak Kartiko ada concern lain atau koreksi...mungkin saya salah
tanggap atas pertanyaannya di bawah.

Terimakasih Pak Tyo. Selalu saja ada tambahan “asumsi” nya hehe. understood
very well pak. toh asumsi2 yang disampaikan oleh bapak sebelumnya bisa saja
sengaja “diplesetkan” untuk mengelabui pihak-pihak yang tidak berkepentingan
misalnya saya ini :-)

Salam,
AS.
(meski senang jika ada, namun kurang mengharapkan lagi asumsi tambahan.
khawatir asumsi bahwa Pak Tyo akan dijewer berubah menjadi kenyataan he he)