Pak Yatno,

Harga REE bervariasi menurut elementnya, dan umumnya diperdagangkan dalam
bentuk oxide. Untuk harga RE terendah adalah Praseodymium Oxide sekitar
US$20/kg, dan termahal adalah Europium Oxide sekitar US$3790/kg. Sedangkan
RE yg banyak diperdagangkan by volume adalah Cerium Oxide sekitar US$54/kg,
sementara itu RE yg tertinggi diperdagangkan by value adl Neodymium Oxide
sekitar US$235/kg.

Sebenarnya total pasar dunia untuk RE tidaklah terlalu besar yaitu sekitar
US$2,2milyar untuk tahun 2008 sedangkan prediksi tahun 2012 tidak lebih
dari US$3milyar. Akan tetapi walaupun volume dan nilai perdagangan RE tidak
besar ttp nilainya sangat strategis bagi high tech, dan umumnya RE
tsb belum ada substitusinya, paling beberapa negara berusaha untuk
recycle?.

Tks,
Laung