YuyyuyyuyIiu

From: Rovicky Dwi Putrohari <rovi...@gmail.com>
Date: Fri, 16 Nov 2012 16:45:40
To: IAGI<iagi-net@iagi.or.id>
Subject: Re: [iagi-net-l] IUP Vs KKKS

2012/11/16 noor syarifuddin <noorsyarifud...@yahoo.com>

> Walah PakDhe ini begitu gampangnya menyimpulkan sesuatu dan mejandikannya
> itu sbg satu revolusi dr kondisi yang ada...
> Kalau cuman lihat core, warehouse kami sudah jadi langganan peserta
> fieldtrip ke mahakam... Kalau soal fasilitas produksi juga bisa dilihat
> siapa saja... Dan saya yakin sama juga di KKKS lainnya...
> Jadi darimana datangnya kesimpulan bahwa mining itu lbh terbuka dr
> migas... Dan juga darimana datangnya iUP lbh bgs dari PSC... Sistem kontrak
> karya terakhir di migas ada di sumatra dan kemudian diubah jd psc krn
> [...]

Monggo Mas Noor dan juga rekan-rekan lain
Saya hanya memberikan* satu contoh riil sebagai wacana*. Masih jauh dari
sebuah kesimpulan, wong baru sekian jam yang lalu. Kalau ada skema usulan
kawan-kawan Anggota IAGI, nanti dapat kita ajukan secara resmi seperti apa
design tata kelola yang baik. Sudah saatnya (atau sedang saat tepat) IAGI
secara bersama-sama berpikir tentang hal ini.

Threat ini masih satu sisi jenis kontrak yang kita bicarakan. Ada banyak
yang bergulir dalam persoalan tata kelola migas ini. Bagaimana dengan :
- Plow Back Petroleum Fund
- Decomissioning Fund
- Tatakelola Data
- ...

Saya menuliskan tentang data ini bukan hanya dari satu dua perusahaan
tetapi komentar dari banyak perusahaan dan sudah masuk dalam agenda IAGI
sejak jaman ADB sebagai ketua, bahkan mungkin juga sebelumnya. Serta
kebetulan beberapa bulan lalu saya menjadi koordinator dalam Rapat BPMIGAS
di Bandung utk membicarakan tentang data, itu saja. Kalau untuk Total saya
yakin sebuah perusahaan yang sangat terbuka dengan menerima daerahnya
dipakai sebagai tujuan wisata geologi, membantu dalam fieldtrip IPA, IAGI,
serta Badan Geologi dll.

Monggo silahkan input lain selain soal data.

*"Sejarah itu tidak pernah usang untuk terus dipelajari"*

Kirim email ke