 From: Rovicky Dwi Putrohari <rovi...@gmail.com>
To: IAGI <iagi-net@iagi.or.id>; "geologi...@googlegroups.com"
<geologi...@googlegroups.com>
Sent: Saturday, January 26, 2013 9:34 PM
Subject: [iagi-net] "Indonesia membutuhkan energi itu."

Dear All,
Terlampir abstract serta presentasi saya sewaktu mengisi acara IndoGas-2013 di
JHCC Jakarta pekan lalu.

Satu hal yang saya soroti adalah adanya potensi besar di Indonesia pada tahun
2020-2030 dimana Indonesia mendapatkan bonus demografi. Saat itu nanti lebih
dari 50% penduduk Indonesia masuk dalam usia produktif.

Adalah tanggung jawab generasi saat ini, yang rata-rata sedang menduduki posisi
kunci, untuk menyediakan sumberdaya alam dan energi untuk membuat mereka sibuk
dan berprestasi. Tidak hanya migas dan energi, namun juga bahan mineral tambang
dan sumberdaya alam lainnya termasuk air bersih serta lingkungan yang sehat dan
aman.

Dalam diskusinya saya menekankan untuk penyediaan energi ini tidak hanya dari
eksplorasi saja, karena proyeksi supply produksi domestik serta eksplorasi pada
tahun 2020 akan masih jauh dibawah dari kebutuhan. Sehingga menjadi tugas para
pemerhati dan investor energi untuk mulai membangun recieving LNG terminal di
Indonesia.

Proyeksi saya memperkirakan Indonesia akan menjadi net importir gas  pada 2022,
dan net-importir energi pada tahun 2028.  Sehingga persiapan pembuatan dan
konstruksi LNG recieving terminal ini harus sudah dimulai dari sekarang.
Lokasi-lokasi pembangunan recieving terminal ini menjadi sebuah keputusan
penting dan strategis karena ini akan menjadi sentra pertumbuhan ekonomi
nantinya.

Dengan tersedianya sumberdaya dan lingkungan sehat dan aman ini tidak mustahil
Indonesia akan masuk dalam jajaran 10 negara perekonomian terbesar di dunia
pada 2030 mendatang. Mengalahkan Jerman dan Inggris !.

Salam

Rovicky DP

--
"Good idea is important key to success, "working on it" will make it real."