Nah saya lampirkn berita , yang jelas jelas geolgist bukan merupakan alasan
UTAMA dimunculkannya  AKARTA, KOMPAS.com - Untuk menghadapi diberlakukannya
kesepakatan Masyarakat Ekonomi ASEAN pada tahun 2015, sudah saatnya Indonesia
memiliki Undang-Undang Keinsinyuran. UU ini akan melindungi masyarakat dan
sumber daya alam Indonesia.Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan,
kementeriannya sangat mendukung diterbitkannya UU Keinsinyuran yang saat ini
masih dalam bentuk draf. ”Dalam persaingan di Masyarakat Ekonomi ASEAN nanti,
insinyur luar negeri bisa menyerbu ke Indonesia, tetapi insinyur kita tidak
bisa ke luar negeri karena kita tidak punya UU Keinsinyuran. Mereka tidak
percaya dengan kualitas insinyur kita,” kata Djoko.
Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang tidak mempunyai UU
Keinsinyuran, selain Laos dan Myanmar.
Namun, Djoko berpesan, RUU ini harus mendorong agar pembangunan yang akan
dilakukan para insinyur Indonesia berwawasan lingkungan, dan memberikan nilai
tambah bagi sumber daya alam.
Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Bobby Gafur Umar mengatakan, RUU
Keinsinyuran sudah dibahas di Badan Legislasi DPR. ”Saat ini sedang
dipersiapkan untuk dibentuk panitia khusus membahas RUU ini. Diharapkan dua
kali masa persidangan DPR, RUU itu sudah bisa disahkan,” katanya.
Dia menambahkan, dengan UU ini maka insinyur Indonesia mampu memberikan
kontribusi dan solusi bagi pembangunan negara. ”PII saat ini juga sedang
bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri untuk mencari upaya mempercepat
pembangunan infrastruktur,” kata dia.
Percepatan pembangunan infrastruktur ini sangat penting karena ekonomi
Indonesia sedang berkembang pesat, dan perkembangan itu akan semakin tinggi
jika didukung oleh infrastruktur. ”Diperkirakan tahun 2050, kekuatan ekonomi
Indonesia sudah masuk ke enam besar dunia,” ujar Bobby.
Namun untuk mempercepat pembangunan, diperlukan insinyur yang berkualitas dan
dalam jumlah yang cukup banyak. Saat ini jumlah insinyur di Indonesia masih
sangat rendah.
”Saat ini jumlah insinyur di Indonesia baru 600.000- 700.000 orang, padahal
idealnya kita memiliki dua juta insinyur. Jadi masih kurang 1,2 juta insinyur
lagi,” kata Bobby.
Kekurangan ini tidak mudah dipenuhi karena lulusan insinyur setiap tahun hanya
164 orang.
Dari lulusan insinyur yang ada, yang memiliki sertifikasi insinyur hanya 8.000
orang. Selebihnya, para insinyur itu terjun ke bidang lain karena pekerjaan
infrastruktur tidak banyak. (ARN)

Sumber : Kompas Cetak
Editor : Erlangga Djumena
RUU ini.