From: Rovicky Dwi Putrohari <rovi...@gmail.com>
Sender: <iagi-net@iagi.or.id>
Date: Fri, 13 Sep 2013 08:17:57
To: IAGI<iagi-net@iagi.or.id>
Subject: Re: [iagi-net] Mengajar Guru-guru Masyarakat
2013/9/12 <lia...@indo.net.id>

> dengan era transparansi seperti sekarang ini dan semakin
> mudahnya  mengakses informasi dg kemajuan teknologi informasi
> justru masyarakat itu sekarang ini sudah semakin pinter pinter,

Mas Ismail betol sekali, masyarakat semakin pinter, dan minteri (ngakali).
Salah satu yang menjadi persoalan dalam mengatasi "pencurian" minyak ini
antara lain dengan adanya pengetahuan bahwa masyarakat awam "boleh"
mengambil minyak dari rembesan, atau oil seep. Pengelolaannya bisa
menggunaan Perda, seperti di Cepu. Nah dengan pengetahuan itulah mereka
akhirnya (secara diam-diam) "mbocori" pipa dimasukkan ke kolam dan
mengambilnya dari kolam. Diam-diam ini maksudnya melubangi pipa minya (live
pipe) dengan "hot tap" (perlu ilmu Hot Tap, barangkali karena mudahnya cari
informasi juga). Kemudian mengalirkan minyak "colongan" ini ke "kolam"
rembesan sejauh hingga 14 Km ... ya konon hingga 14 Km !
Di kolam inilah mereka 'rayahan', seolah-olah tindakan yang legal. Dan
kalau ditanya siapa yg mbolongin ya 'pura-pura bego aja'.
Bahkan yg lebih hebat kepintarannya adalah "melubangi" jebakan minyak,
alias ngebor minyak dengan menggunakan mesin bor air dan dengan rig dari
kayu, mirip di Texas tahun 1900-an.  Setelah dapet dibiarkan saja ngalir
pelan-pelan ke kolam.

> hal hal yg terjadi seperti itu lebih karena adanya perubahan
> norma norma sosial masarakat shg masyarakat semakin reaktif
> jika melihat hal hal yg kurang berkenan serta  kurangnya
> penegakan hukum bukan semata mata karena kurangnya  infornmasi
> di masarakat . Adanya perubahan kondisi external / masarakat
> tentunya juga harus diikuti perubahan/penyesuaian di
> internalnya juga.
> ISM

Secara positip saya menanggapinya seperti diatas, bahwa masyarakat lokal
juga ingin "berkontribusi" dan "berpartisipasi aktif" dalam mengelola hasil
bumi tempat berpijak. Hanya saja menurut saya perlu dengan sosialisasi tata
cara yang saat ini berlaku, dan dilakukan sesuai dengan kaidah keilmuan,
keselamatan, kesehatan dll.

Salah satu akibat yang mengkhawatirkan adalah soal HSE (health, safety,
environment) atau K3L (Kesehatan, Keselamatan kerja, Lingkungan). Ada
kejadian terbakarnya satu "kolam" yang menewaskan lebih dari 5 orang
"penjarah" atau pengumpul minyak.
Tapi salah satu berita koran yang saya baca kemarin dalam judulnya ada si
"anu" yang bilang, "Para korban semestinya dapat santunan !"

Gandrik !!!
Ini pencuri/penjarah minta santunan ?

*"Tidak ada satu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah bangsa. Tapi
pasti ada satu langkah kemajuan bila anda ikut serta memperbaikinya".*

Joint Convention Medan 2013 (JCM 2013)
The 38th HAGI and 42nd IAGI Annual Convention & Exhibition
Register Now! http://www.jcm2013.com/registration/
Hubungi Kami: http://www.iagi.or.id/contact
Iuran tahunan Rp.250.000,- (profesional) dan Rp.100.000,- (mahasiswa)