wah jangan emosi om, panah nya sampe 5,kan katanya diskusi :D

_______________________________________
Dikirim dari HaPe pake Semar PaHe
DROID2 on GingerBread OTA
On Apr 4, 2012 12:29 PM, "Boeds" <bjsgad...@gmail.com> wrote:

> Inline juga Om, dgn tanda 5 >>>>>>
>
> Sorry kalau jadi kepanjangan.
> Silahkan diclose jika sudah dianggap terlalu OOT
>
> _________________
>
> 2012/4/4 Kancalini <kancal...@gmail.com>
>
> inline om :D
>
> tolong di koreksi ya :D
>
> _______________________________________
> Dikirim dari HaPe pake Semar PaHe
> DROID2 on GingerBread OTA

dilihat selisihnya yg harus dibuang dlm bentuk panas?
sampai selesai? Kalau impedansi beban tidak "meminta" arus 2A, ya arus yg
keluar bukan 2A...

> energi tidak dapat di ciptakan dan di musnahkan, hanya bisa di konversi,

koq gak bisa? patengin terus penjelasan di bawah, ntar kegiatan, keep
reading :D

> lalu kemana larinya energi yang lebih?

> Untuk kesekian kalinya… charger 5V/2A bukan berarti setiap kali charger
dicolok ke gadget apapun dia akan memaksakan mensuplai 5V/2A. Boleh tau,
dapat dari mana pemahaman seperti itu?

dari rumus yang saya tulis sebelumnya, dari data sheet, dan dari hukum 2
yang udah di jelaskan

Y U NO READ?

charger/control yg ada di HH atau di batrenya, itu yang menentukan dia mau
tarik berapa ampere atau watt dari si batok charger 5V/2A tadi.

ok, dari awal ini asumsi om kan? baca terus agar tau di mana gagalnya
asumsi ini :D

> biasanya di konversi ke panas makanya muncul regulator PWM, untuk
menghindari selisih yang besar

220Vac menjadi 5Vdc. Metode ini efisiensinya jauh lebih besar daripada
pakai stepdown transformer plus rectifier. Fisiknya juga lebih kecil dan
lebih ringan. Jadi bukan untuk menghindari selisih (?) yang besar.

itu hanya sebagian keciiiil dari tujuan pake PWM, tujuan utamanya :
efisiensi power yang hingga 98%

dan PWM gak merubah AC ke DC :-P

penjelasan PWM (pulse wide modulation) :
mengatur lebar puncak denyut - parit - puncak, dalam gelombang, sehingga di
dapat OUTPUT RATA-RATA dari kondisi hidup-mati sinyal

puncak = 1 = on
parit = 0 = off

input 10 v mengalir selama 10 detik ke PWM
jika ingin output 10,maka lebar parit =0, setiap 1 detik input tetap
mensuplai 10v

jika ingin output 5v (50% dari input)

lebar parit diatur ke 50% dari on

dalam 1 detik pulse 1 (on) 1/2 detik dan 0 (off) 1/2 detik begitu
seterusnya hingga 10 detik

terlihat input hanya perlu hidup 50% dalam 10 detik, dan output hidup full
5v (50% dari input) 10 detik

input = output, tidak ada power yang terbuang

disitu yang di maksud memperkecil selisih, sehingga tidak tidak ada energi
yang terbuang dan harus di konversi, misalnya ke panas

udah jelas?

sekarang silakan bandingkan dengan regulator misal LM7815 (5v 1A), dimana
selama inputnya lebih besar dari output, alat akan bekerja mengeluarkan 5v
1A, selisih antara input-output = energi yang terbuang, tidak efisien, di
konversi ke panas

udah ah, ntar oot ke regulator dkk :D

> jadi gimana itungan nya? :D

Berbeda-beda setiap gadgetnya.
> Mau tau angka realnya? Silahkan insert amper meter di salah satu kabel
power antara batok charger dgn HH atau batre. Akan ketahuan berapa energi
yang ditarik oleh sirkuit charger/kontrol. Lebih bagus lagi kalau
ditambahkan satu voltmeter parallel di kutub batrenya, sehingga kelihatan
bagaimana sirkuit kontrol tadi bekerja.
> Itu yang sudah saya lakukan. Silahkan dicoba, akan lebih mudah memahami.

om masih berasumsi yang sama, bahwa carjer hanya mengeluarkan daya sesuai
yang di minta batre? baiklah, lanjutkan membaca :D

apakah artinya harus selalu buang daya 100 watt ke speaker 8 ohm?
(anggaplah linear) cuma 10 watt,...apakah berarti 90 watt harus dibuang
paksa, dalam bentuk panas, misalnya? Engga dong....malah amplinya lebih
santai kerjanya, adem...

apakah om ngerti dengan maksud amplifier 100w? hehehe

pelajari lagi rangkaian ampli, dan biar gak oot, jangan bahas ampli lagi
:-P

> gak bisa pake contoh ampli, karena sesuai namanya, ampli tugas nya
amplify, berapa yang masuk di lipat gandakan sesuai spek ampli, dan di
keluarkan full dan ampli gak ada volume, volume adanya di pre-am dan
sebelumnya

tetapi ngomongin kapasitas (kemampuan) dia yg 100watt (analogi ke kapasitas
10W charger 5V/2A), tapi dalam penggunaannya, ampli tidak musti selalu
kerja di 100watt.

nah kan, pelajari lagi rangkaian dari head unit ke speaker, apa aja isi nya
:-P

> coba aja buka kesing ampli, dan pegang transistor jengkol nya, nikmati
kehangatannya :D

> dan headsink yang segede gaban :-P

power 10watt, apakah transistor/modul penguat final pasti panas? (ampli
tidak harus pakai jengkol :p) Saya jawab, pasti tidak.
finalnya?, saya jawab, pasti iya….
ada selisih energy yang harus “dibuang”… ini menjelaskan kenapa hitungan
10W-3,7W tidak bisa diterapkan di sini. Dalam kasus yang lain, iya
(misalnya sistem voltage devider sederhana)

(input limiter), by pass...., tetapi impedansi speaker bisa dinaikkan atau
diturunkan... katakanlah antara 8 ohm s/d 800 ohm...Ini juga akan
meregulasi output si amplifier apakah harus bekerja maksimal 100watt atau
cukup sekian persen dari kemampuannya....

> kalo speaker nya yang bisa di turun naikkan, saat power lebih, speaker
jebol
> impedance bukannya cuma 4, 8, 16 ohms?

speaker yg impedansinya bisa diatur variable antara 8 ohm s/d 800 ohm.
> Paling gampang gini, pada ampli yang ada colokan headphone (biasanya
ampli model lama), coba pasang ampli 100watt pada volume maximal. Feed ke
speaker yang sesuai sehingga bisa keluar 100 watt (biar mudah, anggap saja
100 watt juga yg dikonsumsi ampli dari PLN). Kemudian colok headphone
(biasanya speakernya otomatis terputus), kemudian ukur power meter PLN,
apakah tetap mensuplai 100 watt ke dalam ampli tadi ? tentu tidak bukan ?
> Speaker dan headphone, impedansinya jauh berbeda.
> Ini membuktikan bahwa kondisi beban (pengaturan oleh sirkuit kontrol
charger) mempengaruhi konsumsi daya yang digunakan oleh ampli
(batok/adaptor charger) tadi. Itu analoginya.

ini lagi, bahas ampli lagi :D

kalo om emang ngerti rangkaian ampli, tau dong kalo colokan headphone
letaknya sebelum ampli? :D
tau dong di colokan itu juga ada switch /saklar, yang apabila di colok
headphone, saklarnya aktif, memutus sinyal ke ampli dan menyalurkan ke
headphone? :D
tentu tau juga dong kenapa gak terbaca 100w lagi? karena ampli tidak
bekerja, tau dong? :D

ke" .. Artinya ada regulator/limiter yg bekerja... entah itu current
limiter atau voltage limiter...

> karakteristik carjer li ion, trickle charge, makanya gak di sarankan
menggunakan carjer nimh atau nicd, karena beda cara ngisi

harusnya stabil di 5V jika harus mengalirkan arus sampai dengan 2A.

youtube gak akan kejadian... :-p

> masalah nya gak yakin protection circuits nya bagus,

ada faktor variabel lain yang gak bisa dijamin, yaitu kualitas… kalau
ngebahas sesuatu, paling tidak minimalkan faktor ketidakpastian… masalah
bagus tidaknya, daya tahan, ori atau KW… itu pembahasannya lain lagi.

kan berjaga2 efek terburuk :-P

> kalo pun bagus, di hajar arus gede terus bakal merusak protection
circuit, makanya di video nya gak langsung, ada jeda antara mulai masuk
daya dan circuit rusak hingga terbakar

membahas ngecas batre dengan charger kapasitas tinggi, terhadap batre
kapasitas yg lebih rendah, dimana di antara mereka terdapat sirkuit kontrol
yang membuat proses charging-nya menjadi aman, baik terhadap batre, maupun
terhadap charger.

tapi semua ada batasan nya, batasannya ada di datasheet, datasheet di bikin
ada tujuan nya loh :D

3,7V/1A... Tetapi ada "sesuatu" di antaranya yg meregulasi (mencegah)
kejadian di youtube supaya jangan terjadi....

> "sesuatu" itu biasanya regulator di device, dan akan kerja berat
seandainya gak sesuai data sheet h/w
> tinggal pilih, mau ganti board atau ganti batre :-P
> kan saya nulis sebelumnya, efek yang MUNGKIN terjadi
>
> pabrik selalu menyertakan datasheet h/w nya, berapa input max/min, output
max/min dan itu ada tujuan, sebaiknya sih mengacu ke sana

> pengen buat analogi juga ah :-P
>
> seorang yang punya "spek" biasa makan cabe rawit 3
> kalo dia makan 1,efek kurang napsu makan, tapi gak mules
> kalo dia makan 10, efek makan nambah, efek negatif keringetan, pusing,
mules bahkan menc**t :-P
> sering 2 makan cabe 10 takutnya kalo badan gak kuat bisa mengganggu
pencernaan dll (maap bukan dokter :D)

> malah oot ke makan cabe (-_-')

waduh, analogi sederhana gitu aja koq bingung? baiklah
jumlah cabe = besaran arus
napsu makan = kecepatan isi batre
menc**t = discharge

maap deh kalo analogi nya susah dipahami :D

> intinya : saya cuma memaparkan bahaya yang MUNGKIN terjadi jika tidak
sesuai aturan
> keputusan tetap di tangan masing2
> kalo ada yang bilang : sampe saat ini aman 2 aja tuh
> jawabnya, nasib baik dapat alat bagus, belum aja, dan suatu saat pasti
ada efek (amit2 deh (T.T),)

> rekomendasi pabrik, tetap, sebaiknya batre di cas pada 0.7C, dan 1C max
(umumnya)

> contoh kasus di. droid, begitu pake carjer abal 2, langsung layarnya
berantakan

1000mA (walaupun hanya 0,5C), jika saja voltage limiter-nya rusak sehingga
batre terkena tegangn melewati 4,2V.  Masalah berapa C, itu lain lagi
pembahasannya. Itu adalah rule yang tergantung dari karakteristik jenis
batrenya (Li-Ion, NiMh, NiCad, dll).

hhhmm aq diatas gak boleh berjaga2, di sini malah boleh pake anggapan
limiter rusak :D

C gak bergantung jenis batre, C= current = kecepatan drain, udah di
jelaskan di sebelumnya

liion punya batre 15C
nimh juga punya 15C

dan sekarang 1012,gak perlu bahas teknologi batre jaman batu, ntar malah
oot :-P

filosofinya.

ok ntar saya belajar filsafat deh :D
namanya juga nyubi om :D

defenisi charger abal-abal apa nih?
sesuai dengan spec yang tertulis.
kosong) trus kita colok charger dgn kemampuan supply arus max hanya 350 mA,
ya sama saja dengan maksain… charger yg bagus pun sangat berpotensi akan
jebol. Yang parahnya, sirkuit kontrol jebol, tegangan yg tidak sesuai masuk
ke HH, buyarlah itu HH. Ini yang sering dikatakan orang sebagai charger
abal-abal, padahal karena kita menggunakannya tidak sesuai dengan
kemampuannya.

salah asumsi lagi, li ion gak pernah kosong, kosong = rusak =buang ke laut
:-P

batas bawah dianggap kosong itu sekitar 3 v

dan ga ada tuh 'menarik arus max', yang ada, carjer membatasi arus di max
1C, 0.7C recommended untuk menghindari overheating

berapakah C? udah di jelaskan sebelumnya + rumus

Y U NO READ?

pelajari lagi cara kerja carjer li ion :D

baiklah sekarang penutup :

asumsi awal om kan, carjer mensuplai sesuai permintaan batre, apapun yang
terjadi

tolong jawab pertanyaan berikut:
batre 1000 mAh, di cas dengan carjer 1A (batre A) dan 2A (batre B), mana
yang akan lebih cepat penuh
a. batre A dan B penuh bersamaan
b. batre B duluan penuh

jika sesuai dengan asumsi om, maka jawaban nya a.
karena charging time tergantung permintaan batre, dan contoh diatas,
batrenya sama
otomatis menggugurkan analisis dan perhitungan saya :D

jika menjawab b.
well hehehe

oiya, karena kita kan diskusi, koq dari awal cuma saya yang ada
perhitungan, analisis dan hukum
coba dong om di share juga ilmu nya bisa ketemu asumsi diatas
biar Sama-sama bermanfaat gitu

saya kan juga pengen belajar ilmu 2 baru :D

sekian dan terima kasih
tujuannya hanya mencari yang terbaik, tanpa ada maksud lain :D

Dan tetap seperti tulisan sebelumnya,
> [...]
kalo ada yang bilang : sampe saat ini aman 2 aja tuh.
jawabnya, nasib baik dapat alat bagus, belum aja, dan suatu saat pasti ada

kasar, hukum ohms + kekekalan energi (ngasal,namanya juga nyubi :-P)

> [...]
> Download Aplikasi Kompas versi Digital dan Keren

Kirim email ke