Sorry, kepencet send sebelum selesai.

On Apr 10, 2012 9:45 AM, "Boeds" <bjsgad...@gmail.com> wrote:

> Kirain udah, so reply 4 hari yg lalu sdh ga sy baca.  Br aca ulang karna
reply terakhir ini.

Arus 2A masih tolerable kuq.

carjer gtab emang carjer sakti, smart charger, PWM (whatever the name)

u tell me. bagi sy biasa aja. Hanya sebuah power supply Vout 5V yg bisa
mengeluarkan arus s/d 2 ampere. Sering disebut jg sebagai  charger.  Thats
it.

batre. Jadi harus lihat kasusnya.

pasti bakal bikin rusak. Kalau bukan battery nya, ya HH nya.

manapun, akan push 2A ke HH/batre, karena arus yg keluar dr charger gal tab
hanyalah sebesar yg dibutuhkan oleh HH.

Tidak salah mindset. Tidak perlu diluruskan. Charger gal tab memang hanya
sebuah power supply. Tp dlm konteks dia merupakan asesoris sebuah gadget,
fungsinya sebagai charger, sehingga disebut charger.
 Kenapa disebut power supply, lihat penjelasan sebelumnya.
Sepakat, bagus.. engga, jangan dipaksa... cukup buktikan saja bahwa charger
gal tab tidak bisa disebut power suply....schematic mungkin?

Pemahaman yg umum dlm dunia elektronik, charger adalah sumber daya listrik
beserta sirkuit kontrol (regulator) arus & tegangan, dan kadang dilengkapi
dgn sirkuit proteksi berupa proteksi thermal, timer, -dV, dll....
Batre adalah sel batre polos.
Contoh, perangkat radio HT bbrp tahun yg lalu, isi batre pack hanyalah sel
batre NiCd/NiMh.

Namun seiring dgn perkembangan gadget/portable device dan teknologi batre,
sirkuit kontrol kebanyakan integrated di device dan batre.

itu yang di berikan, jika kurang dari permintaan beban, maka akan drop,

sampai sini saya setuju.

Berkeliaran? Ternak kali... lol...

di supply batre dll, beban tetap

tidur om, sol

bisa pakai aplikasi current widget dr market.. keduanya sudah sy lakukan.
pakai charger gal tab yg 2A, tp arus termonitor di HH tak pernah lewat
800mAh.

fase/tahapan nya

setuju

dilakukan dari awal sampai selesai.  betul berpengaruh thd pembacaan.
Ampere terbesar diperoleh waktu batre dicas dari kondisi volt paling
rendah.
tidak pernah melebihi 0,8A walaupun menggunakan charger 5V/2A. kemana
sisanya 1,2A "berkeliaran"? gak tau, saya gak pernah pakai istilah
berkeliaran... lol

kalau memang niat mau tau, bongkar casing batok charger handset bukanlah
sesuatu yg sulit. Karena saya bahkan mengukur dengan cara memutus
(memotong) salah satu dari kedua kabel charger dan menghubungkan seri
dengan sebuah multimeter yang selectornya di set ke pengukuran mA / A.
Semoga cukup jelas... sol

pertanyaan saya yang belum tertawa, sbb :

1A (batre A) dan 2A (batre B), mana yang akan lebih cepat penuh a. batre A
dan B penuh bersamaan b. batre B duluan penuh

saya coba ulangi soalnya, sekaligus menegaskan hal yg belum disebutkan :

2 pcs batre yg sama, tertulis 1000mAh.
kedua batre dipasang di 2 handset yang sama typenya
handset dicas dengan batok charger dengan rating masing-masing 1A dan 2A

Sekarang harus disepakati dulu bagaimana handset menyalurkan arus ke batre
saat kondisi indikator batre di handset 0% (bukan 0V di batre loh
ya...sol.. so jangan diplesetin... sol )

Menurut saya, ini yang akan terjadi :

Jika handset memiliki sirkuit kontrol (termasuk di sirkuit batrenya
sendiri) yg mempunyai limiter kurang dari 1A , (misalnya hanya menarik
maksimum 700mA dari batok charger seperti di kasus HD2 saya), maka kedua
batre tersebut akan penuh secara bersamaan jika dicas dengan charger 1A dan
2A

Jika sirkuit kontrol di handset & batre bisa menyalurkan arus lebih dari 1A
(katakanlah 1,5A), maka jelas batre yg dicas oleh charger 2A akan penuh
lebih dulu.

Sekarang sy cerita pengalaman lagi, yang nyata, bukan sekedar teori...
di HD2 saya, dengan batre yg sama, dengan kondisi indikator 0% (sudah
shutdown sendiri), jika dicas dengan charger HTC bawaan HD2 (1A) maupun
dengan charger gal tab (2A), waktu sampai tercapai indikator batre 100%
ternyata sama saja... clear om ?

tergantung permintaan batre, dan contoh diatas, batrenya sama otomatis
menggugurkan analisis dan perhitungan saya :D

seperti diatas, tapi charging time di ganti panas

kita akan ngelihat asap... hehe...

https://market.android.com/details?id=com.kompas.android.kec
> [...]

Kirim email ke