2013/5/8 Ivan Malik <papa...@gmail.com>

> Iyaaaa ... nfc-nya terdeteksi, tapi isi data e-ktp itu ngga kebaca.
> Mungkin benar karena dienkrip ya?
> Saya cobain ke id-card kantor juga begitu ... terdeteksi tapi data ngga
> terbaca. Apa semua kartu "pintar" gini dienkrip semua yaaa?

fungsi kartunya untuk apa? bayangkan kalo kartu itu berfungsi sebagai kunci
untuk membuka pintu. kita biasanya ke tukang duplikat kunci kalo mau
kuncinya diperbanyak.

sekarang, kalau data di kartu tersebut tidak dienkripsi, apa yang
menghalangi duplikasi kartu tersebut? kalau memang tidak ada masalah dengan
duplikasi data, ya berarti memang tidak perlu dienkripsi. tapi kalau data
tersebut bisa dibuat untuk bikin kartu kredit, buka rekening bank, etc, itu
namanya identity theft.

--
http://ryosaeba.wordpress.com ~ things left unsaid

Ayo ikutan kompetisi foto di Indosat Smartphone Photography Festival 2013
Info: http://smartphonephotography.indosatmentari.com
http://www.hostune.com