Kebetulan saya pernah beberapa waktu yang lalu ngoprek RFID.

Di kartu RFID ada identifier yang globally unique dan read only (diset
oleh manufaktur kartu). Dengan properti seperti itu seharusnya
dimungkinkan data disimpan di kartu dalam bentuk plain text, sehingga
dapat dibaca reader dan dimanfaatkan secara offline, tanpa perlu
khawatir kartu diclone. Caranya dengan memanfaatkan Public-key
infrastructure: sign(uid + plain text, private key) = signature.
Berhubung setiap kartu pasti berbeda uid, walaupun data plain text dan
signature dapat dibaca, si cloner tidak dapat menulis ke kartu baru
karena signaturenya pasti berbeda untuk kartu baru tersebut. (kecuali
suatu saat muncul kartu RFID dari China yang uid-nya bisa diutak-atik)

Kalau implementasi eKTP saat ini hanya murni online, bisa dibayangkan
berapa besar investasi yang dibutuhkan untuk menyambungkan semua
kantor pemerintahan ke internet. Padahal sebagian besar entry data
hanya butuh nama, alamat, atau data lain yang tertera di balik eKTP,
dan itu tidak bisa dilakukan otomatis tanpa harus online terlebih
dulu.

Terkecuali untuk hal-hal yang bersifat transaksi, ini mau tidak mau
harus online.

Btw, sekarang sudah ada RFID blocker untuk menghindari kartu discan
tanpa kita sadar:
http://www.thinkgeek.com/product/8cdd/

Regards,

2013/5/8 冴羽獠 (Ryo Saeba) <ryosa...@gmail.com>:

> [...]
> kuncinya diperbanyak.
>
> sekarang, kalau data di kartu tersebut tidak dienkripsi, apa yang
> menghalangi duplikasi kartu tersebut? kalau memang tidak ada masalah dengan
> duplikasi data, ya berarti memang tidak perlu dienkripsi. tapi kalau data
> tersebut bisa dibuat untuk bikin kartu kredit, buka rekening bank, etc, itu
> namanya identity theft.
>

> --
> http://ryosaeba.wordpress.com ~ things left unsaid

> Ayo ikutan kompetisi foto di Indosat Smartphone Photography Festival 2013

-ark