halo om Eddy,

salam kenal yaaa.

nah, ini memang jadi salah satu kendala juga, karena screen reader
hanya membaca text, dan belum bisa mengenali gambar.
namun demikian, ada beberapa aplikasi tambahan seperti Google Goggles,
yang bisa diunduh dari playstore,
mampu membantu melakukan OCR dari sebuah gambar.
namun hanya character-nya saja yang diambil, maksudnya, hanya
meng-extract text dari gambar tsb.
atau juga pakai aplikasi taptapsee, yang mampu mendeskripsikan gambar
yang dipotret, termasuk juga uang.
aplikasi ini akan menyebutkan nilai uang yang tertera. sayangnya,
harus berlangganan.

untuk beberapa imoticon seperti senyum, lidah mencuat dll, tts yang
digunakan harus vocalizer atau eloquence, baru bisa terbaca icon apa
itu yang ada di layar.
karena, beberapa deskripsi dari ikon tsb, sudah dimasukan kedalam
database engine tsb,.