Saya setuju sama Om Akbar, ga melulu usia berbanding lurus dengan prestasi.
Tergantung kondisi lingkungan belajar, baik di sekolah dan support orang
tua di rumah.

Saya masuk SD 6 tahun kurang karena lahir di akhir tahun, kondisi sekolah
baik, dan orang tua juga ga memaksa untuk mendapat nilai bagus untuk semua
pelajaran, hanya di push untuk mata pelajaran yang saya sukai.

Karena logikanya, kalau 1 guru tidak bisa mengajar semua pelajaran,
bagaimana mereka expektasi muridnya untuk pintar di semua pelajaran? Hehe.
Minat orang kan berbeda-beda, ga harus hebat di semua hal, namun sayangnya
banyak orang tua yang gagal melihat potensi anak di suatu bidang, dimasukin
kursus ini-itu, mulai musik, bela diri, bimbel, sampe anaknya pusing
sendiri, hehe.

Hanya berbagi tips aja, kalau punya anak, jangan terlalu strict dalam hal
edukasi dini, dari balita sampai 6 sd, jangan menjadikan anak sebagai
trophy untuk dibangga2kan ke orang lain.

Saya suka membaca blog parenting, salah satunya blog Dedy Corbuzier :
http://www.thecorbuzier.com/blog/sekolah-basa-basi

Dan banyak lagi di blog dia, intinya school has to be fun, not stressful,
jadi ga perlu hebat dalam semua pelajaran.

Semoga sharingnya bermanfaat.