On Monday, December 21, 2015 at 1:34:34 PM UTC+7, Heri wrote:

> dirumah ortu...pasang indiehome yg 10 Mbps...tengah november (tadinya
> paket speedy 384), baru beberapa hari speednya drop terus dibawah 256
> kbps..dah berkali2 tlp ke teknisinya...2x laporan ke 147...tidak ada
> followup
> mesti kemana ya harus laporan lagi  iar didenger...bayar sudah
> menyesuaikan soalnya (pro rata)

1. create account telkom.id/My Telkom
2. login dengan accoun telkom.id
3. masuk Telkom e-services
4. pilih pengaduan
5. Pilih jenis layanan (speedy/indihome), masukkan nomor pelanggan dan
nomor kontak yang bisa dihubungi

sebenarnya mirip kayak lapor ke 147, bedanya kalo dari 147 diinputin sama
operator dan nomor ticket susah didengerin lewat telepon. kalo lewat
my.telkom.co.id ini ada auto response lewat email. jadi ticket number
ketahuan, mau follow up ke mana2, tinggal nyebutin ticket number ini.

kalo 147, maklum aja operatornya kan cuma operator pake sistem. kalo gak
bisa masukin data ke sistem dengan benar, responnya tidak jadi solusi buat
pelanggan. gosipnya operator 147 berbasis di luar jakarta biar murah.

dulu jaman 2007 sih kompensasi pelanggan bisa mencapai 10% diskon abonemen
(pengaruh? :P)

saya biasa komplen layanan speedy 1Mbps yang kecepatannya di bawah 50%nya.
selalu tahu ticket number dan ada tindak lanjut di bawah 3 hari. karena
saya sering komplen berulang secara teratur, lama2 di pusat, bandwidth
dinaikin jadi 1,2Mbps. kalo jalan cuma 50% kan masih di atas 50%nya
bandwidth 1Mbps. dan saya pun berhenti komplen.

solusi yang pernah ditawarkan antara lain termasuk pinjem modem teknisi
(tplink) karena modem saya dianggap tidak standar (padahal lebih kuat,
modem speedy lama Telkom yang kemudian diakusisi Siemens). teknisi yang
datang ke pelanggan adalah pegawai outsource Telkom. silakan dimaki2 tapi
kayaknya gak ngaruh buat dia, karena dia dibayar berdasarkan penyelesaian
order Telkom (bukan keluhan pelanggan).

--

--jim.

Beli paket data Internet Indosat cuma nge-tweet.
Daftar #TWITBUY di www.indosat.com/twitbuy
Ikuti obrolannya di Forum ICITY  >> http://bit.ly/1UxYCDA