Hello,

From: Erga <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [id-linux] MySQL server
Date: Mon, 05 Oct 1998 01:35:45 +0700 (JAVT)

> Hi mailist reader,
> Saya sedang setting MySQL di Linux Server.
> Manualnya sudah saya, baca dan saya ikuti. Berhasil jalan dengan baik,
> hanya belum mendaftarkan user dan password yang boleh mengakses SQL server ini.
> Ada rekan2 yang punya pengalaman di MySQL dan memberikan tipnya???
Kebetulan saya menggunakan MySQL untuk kegiatan sehari-hari.

Untuk  mengadmin mysql (termasuk mengadmin  users) mungkin yang paling
mudah    adalah   menggunakan  xmysqladmin  (bisa   diambil  dari  tcx
http://www.tcx.se).

> Bagaimana porting MySQL melalui ODBC, sebab ditempat kami menggunakan Visual
> Foxpro sebagai s/w developernya. Ada yang sudah pernah menggunakannya???
> Bagaimana programming untuk porting ke ODBC itu???

Selama membaca  HowTO-nya ada ODBC bridge khusus  untuk MySQL.  Dengan
menggunakan bridge ini maka   program-program DB di Windows  (termasuk
access, excell dll) dapat  me-retrieve MySQL Server.Silahkan lihat dan
d/l program tsb dari tcx.

Saya sendiri disini   menggunakan  mysql, gtk  dan guile  (salah  satu
variant dari scheme), untuk membuat DB-frontend di Linux (debian).

Nb.
Ngomong-ngomong,    apakah  pada Univ    di  Indonesia diajarkan  pula
bahasa-bahasa functional   (functional programming  languages) seperti
Scheme, Lisp, ML dll.   Sebab sepertinya bahasa yang pernah disinggung
di Mailing  List ini  sebagian  besar adalah  Procedural Languages (C,
C++, Perl, TCL dll.).

Mohon infonya.

--
Eko Fajar N.