From: id-PalmOS@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf
Of David Sundah
Sent: Tuesday, October 23, 2007 10:24 AM
To: id-PalmOS@yahoogroups.com
Subject: Re: [id-PalmOS] Re: Treo + BB

2007/10/22, J. Cahyadi <[EMAIL PROTECTED]
<mailto:rondokeli%40yahoo.co.id>

>:
> Just curious,
> apakah Treo + Roadsync = BB

> atau

> Snappermail narik setiap 5 menit = BB

Tetep beda.
Tolong koreksi kalau salah:
Menurut saya email di BB lebih mirip push IMAP, walaupun account yg
dipake adalah POP3.
Jadi server BB duluan yg ngambil dari account POP/IMAP, trus handheld
BB ngebaca dari si server BB.
Interface dari hh-bb ke server BB ini yg unik dan jadi kelebihannya,
sehingga email bisa seolah2 "terkompres" thus lebih cepat dan lebih
irit.

Sementara kalo dari versa atau snapper, kagak ada server perantara
antara account dan treo, jadi email yg ditarik lebih butuh bandwitdh
gede, lebih lambat (apalagi kalo mailserver diluarnegri) dan butuh
space di hh lebih gede.

Sekarang kalopun mau membandingkan dgn push-mail macam mail2web atau
lainnya, tetep secara teori masih kalah cepet.
Contohnya, si treo yg pake matrix ngambil dari mail2web yg servernya
diluar negri, kira2 cepetan dan iritan mana dgn BB yg juga connect
pake matrix, dan ngambilnya dari server BB yg adanya di indosat juga.

Untuk browsing pun sama saja.
Saya ngga tau browser di treo melalui proxy atau ngga, tapi browser di
BB kerjanya lebih ringan karena yg kerja si server BB yg dioperator
tadi.
Ujung2nya browsing jadi "lebih cepat", dan leihb irit volume dan cache
dari website yg dituju.

CMIIW