From: "antruslim" <antrus...@yahoo.co.id>
Date: Thu, 11 Feb 2010 07:52:38
To: <id-PalmOS@yahoogroups.com>
Subject: [id-PalmOS] Mini Review Sprint Palm Pixi

Teman2, saya mau sedikit review tentang mainan baru saya yang mungkin baru ada
2 di indonesia. Sprint Palm Pixi. saya bikin mini review saja dulu karena
memang baru beberapa hari saya pegang.

Pertama2 saya akan mengangkat sedikit perbedaan dengan Palm Pre (sebelum ini
saya menggunakan Palm Pre)
1. Processor yang lebih lambat (Qualcomm MSM 7627 600mhz vs Cortex A8)
2. layar yang lebih kecil dan lebih rendah resolusinya. (320x400 18 bit color
2,6 inch vs 320x480 24 bit 3,1 inch
3. 2MP Fixed vs 3MP camera
4. tidak ada WiFi.
5. dan tentu aja form factornya. candybar vs slider.

Mungkin banyak dari anda bertanya, mengapa saya melakukan downgrade dari Pre ke
Pixi?

1. Desain. saya memang tidak suka dengan form factor slider. apalg setelah saya
6 bulan menggunakan Pre, Slidernya cenderung mengenaskan dan sangat buruk
kualitasnya. saran untuk Palm nih, moga2 bisa dibenerin. yang lebih mengenaskan
adalah kualitas casingnya, bagaimana ceritanya dua palm terakhir saya Pre dan
Treo Pro yang tidak jatuh tapi bisa mengalami retak rambut? tapi di Pixi
desainnya jauh berbeda, bodinya jauh lebi bagus, lentur tapi kuat, dan tutup
blkgnya doff, sehingga tidak licin dipegang seperti sprint Pre. Saya baca di
Pre Plus, Palm kembali ke tutup doff. dan saya setuju. dan kehebatan desain
Palm Pixi adalah bagaimana mendesain hp qwerty tanpa harus menambah lebar
device secara keseluruhan, ketika saya pegang dan saya compare dengan
Blackberry Onyx, Pixi terasa jauh lebih ramping dan dapat dikatakan sebagai
telpon genggam. lebarnya hampir sama dengan E52 adik saya. dan yang hebatnya
lagi tidak mengorbankan kenyamanan di keyboardnya (see next part). dan bobotnya
sangat ringan, bukti bahwa build quality bagus bisa dibarengi dengan bobot yg
ringan.

2. Keyboard. saya tidak suka dengan desain keyboard Pre, yg cenderung
menyusahkan jari2 saya untuk mengetik. begitu saya membaca review Pixi sangat
baik, saya segera menDP kepada salah satu member disini untuk segera mengimport
Pixi dari US. dan memang superb, bagi anda yang sudah pernah menggunakan
Centro, kurang lebih sama, tapi feedbacknya jauh lebih baik, dan travel
keyboardnya lebih dalam. dan spacing keyboardnya agak sedikit lebar. overall
keyboardnya hebat, dua jempol untuk palm, biarpun kecil tapi nyaman dipakai,
dan jempol saya tidak perlu beradu ke cekungan slider sperti yg saya selalu
temui di pre.

3. Battery life, saya membaca review kalau memang PAlm Pixi battery lifenya
sedikit lebih baik daripada Pre yang hanya bertahan 12 jam dalam daily use saya
sehari2. dan Pixi memang bertahan lebih lama, dengan pemakaian saya yang cukup
intens, Pixi mampu bertahan 20 jam. sangat membantu saya walaupun tidak terlalu
jauh selisihnya. mungkin ini faktor hardware yg lebih pelan.

4. Gesture Area Button, thx buat palm yang sudah meremove tombol yang menurut
saya tidak berguna di gesture area Pre. saya lihat Pre plus juga sudah
mengaplikasi hal ini. menurut saya tonjolan di Sprint Palm Pre sangat tidak
berguna dan bak polisi tidur di jalanan gang2 perumahan.

tapi ada beberapa hal yang saya tidak suka dari Pixi.

1. Tutup baterai blkg. Entah apa yg dipikirkan desainer Palm ketika mendesain
tutup baterenya. saya pikir pertama2 tutup batere ini permanen seperti iphone,
sampai saya bertanya kepada sellernya, dan dia menjawab dengan memberikan link
video youtube. sepanjang saya menggunakan telpon genggam, tidak pernah ada yg
sesulit Palm Pixi dalam membuka tutup batere. semakin parah pula tutup usb
chargernya, saya amat sangat kesulitan ketika harus mencolok kabel data atau
mencharge Pixi. karena menggunakan sistem magnet.

2. Tombol on off yang agak alot, seperti yang saya ceritakan tadi bahwa
konstruksi palm pixi sangat baik, tidak seperti palm pre yang memble. tapi
sialnya tombol powernya juga didesain terlalu rugged dan agak keras buat
dipencet. dan letaknya berada di pojok kiri atas. karena saya menggunakan
tangan kanan, agak kesulitan buat menekan tombol ini. mungkin ini didesain
untuk orang kidal.

3. Wifi, saya boleh dibilang tidak pernah menggunakan wifi selama saya
menggunakan PDA. ada beberapa alasan,
- sangat menghabiskan batere,
- fungsi hp sbg mobile device, menurut saya kalau dimana ada hotspot saya juga
selalu membawa notebook, tidak perlu saya membuka website di layar cell phone
yg kecil hehehe.
tapi kadang Wifi cukup berguna untuk menonton youtube atau butuh download
sesuatu untuk diinstall langsung di telpon anda. tapi kembali mengenai WiFi,
ini semua tergantung sang user. tapi dengan internet unlimited, saya rasanya
tidak lagi butuh Wifi.

4. Speed, hmm ketika saya awal2 menguji Palm Pixi di rumah sellernya, saya
mendapati PAlm Pixi agak sedikit lebih lambat dari Pre. namun ternyata stelah
diupgrade ke OS 1.3.5 processing speednya jauh lebi baik. kesimpulan saya ini
hanya masalah software saja. namun menurut saya, tidak terlalu terasa.

5. Software Development, saya lihat2 software misalnya game untuk Pixi agak
sedikit ketinggalan dibanding Pre. para developer selalu terlebih dahulu
membuat software (khususnya) game untuk Pre, namun semua aplikasi yang ada di
Pre nantinya pasti ada untuk Pixi. just a matter of time.  tapi toh saya tidak
terlalu suka bermain game. hehehe. yang penting aplikasi2 classic bisa berjalan
disini.

oke sekian dulu review singkat dari saya.

nanti akan saya update dengan foto2 komparasi Palm Pre saya yg dulu dan sudah
berpindah tangan.

Sent from my Palm Pixi