From: Edwin Pratomo <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [id-ruby] I need job (Please)
To: id-ruby@yahoogroups.com
Date: Thursday, November 27, 2008, 5:00 AM

            kalau mengenai rate, menurut hemat saya:

1. tergantung living cost di negara ybs.

IMHO living cost di jakarta masih bisa bersaing (dalam hal rendahnya) dng
india, filipino, pakistan, cina, dan negara2 eropa timur pecahan eks soviet.

sebetulnya ini menjadi keuntungan provider2 dari negara2 tsb, dan menyulitkan
provider2 dari US dan eropa barat.

kalau sampai provider indo mengeluhkan ini, nampaknya dia pasang rate US tapi
tinggalnya misalkan di cilebut, citayam, atau di pondok cabe udik :-P

2. di odesk, history (reputasi) dan jam terbang (odesk hours) menentukan rate

kecepatan naiknya beda2 sih. tapi saya pernah ngintip punya teman saya yg
pertamanya dulu dari $20/h skrg sudah jadi $40/h.

pengecualian tentu ada, yaitu kalo anda larry wall atau matz atau linus atau
audrey tang :-P

3. jenis pekerjaannya. fulltime (ongoing work) atau per project. jika rada
rendah tapi fulltime lebih bisa diandalkan dari sisi income, karena
berkesinambungan.

jadi saya rasa ngga perlu apriori dng remote workers dari india.

rgds,

Edwin