Kayu baker...aman dan murah

-----Original Message-----
From: idakrisnashow@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of haris fuadi
Sent: 17 Oktober 2005 10:52
To: idakrisnashow@yahoogroups.com
Subject: [Ida-Krisna Show] Briket Batu Bara Mengancam Kesehatan

lha kalau briket batu bara berbahaya, kira2 kira apa ya alternatif
bahan bakar untuk memasak yang aman? ...

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0510/15/opini/2126283.htm

 Sabtu, 15 Oktober 2005

Briket Batu Bara Mengancam Kesehatan

Igor O'Neill

Pemerintah memutuskan untuk membelanjakan Rp 150 miliar guna pembelian
sepuluh juta tungku briket batu bara yang akan dibagikan kepada
penduduk miskin sebagai alat masak.

Keputusan itu muncul dalam dua rapat koordinasi yang dipimpin Wakil
Presiden Jusuf Kalla (Kompas, 6 dan 8/10/2005).

Keputusan itu selintas bagus bagi rakyat miskin. Tetapi, penggunaan
briket batu bara sebenarnya mengandung sejumlah masalah serius.

Penggunaan bahan bakar padat dalam ruangan bertentangan dengan
inisiatif untuk kesehatan masyarakat. Hal itu pernah diulas Kemitraan
untuk Udara Bersih di Dalam Ruangan (Partnership for Clean Indoor Air
) pada pembicaraan persiapan Pertemuan Dunia untuk Pembangunan
Berkelanjutan 2002 di Bali. Inisiatif itu salah satunya membahas
risiko kesehatan yang bakal dihadapi dua juta penduduk negara
berkembang.

Perempuan paling rentan

Mengingat perempuan lebih sering bekerja di dapur, mereka lebih rentan
terhadap ancaman ini. Ironisnya, pemerintah menugaskan Kementerian
Negara Pemberdayaan Perempuan untuk mempromosikan penggunaan briket
batu bara.

Menurut WHO, memasak dengan bahan bakar padat di ruangan mengakibatkan
kematian dini. Diperkirakan 1,6 juta orang meninggal tiap tahun,
kebanyakan perempuan dan anak-anak. Dampak pembakaran bahan bakar
padat memudahkan manusia terkena infeksi pernapasan.

Bahaya itu kian jelas karena rumah di Indonesia rata-rata dirancang
tanpa cerobong dapur guna saluran pembuangan asap. Di Indonesia, yang
disebut ventilasi hanya satu lubang di langit- langit atau dinding
dapur.

Situasi ini meningkatkan ancaman kesehatan pernapasan yang sebenarnya
juga membayang pada rumah-rumah dengan ventilasi memadai, seperti
ditunjukkan dalam hasil penelitian pada rumah-rumah bercerobong di
daratan Eropa.

Penelitian bertajuk "Kanker Paru dan Polusi Dalam Ruangan dari Memasak
dengan Bahan Bakar Padat" itu dimuat dalam American Journal of
Epidemiology awal tahun ini.

Hasilnya menunjukkan, memasak dalam ruangan dengan bahan bakar padat,
termasuk batu bara, meningkatkan risiko kanker paru secara signifikan
dan memasak dengan bahan bakar tidak padat yang disebut "modern"
menurunkan risiko itu.

Sejumlah penelitian di China merinci sifat-sifat dan penyebab risiko
kesehatan yang disebabkan oleh memasak dengan batu bara: polycyclic
aromatic hydrocarbons yang dihasilkan selama pembakaran batu bara
adalah penyebab kanker tenggorokan dan kanker paru. Sementara zat-zat
lain yang dihasilkan oleh pembakaran batu bara meningkatkan risiko
infeksi saluran pernapasan dan penyakit pernapasan kronis lainnya,
seperti bronkitis dan emfisema.

Di antara bahan bakar untuk memasak, batu bara mengandung zat racun
seperti sulfur, merkuri, arsenik, selenium, dan fluorida.

Menurut penelitian Universitas Pittsburgh tahun 2004, perempuan yang
memasak dalam ruangan memakai batu bara lokal di wilayah Xuan Wei di
China jauh lebih rentan terhadap kanker paru karena memiliki risiko
mutasi genetik 20 kali lipat daripada tingkat rata-rata nasional.

Dalam makalah Dampak Kesehatan dari Penggunaan Batu Bara dalam Rumah
Tangga di China para peneliti dari US Geological Survey and the
Institute of Geochemistry, Guizhou, memperkirakan paling tidak 3.000
penduduk Provinsi Guizhou di barat daya China keracunan arsen kronis
yang disebabkan konsumsi makanan yang dimasak di atas api batu bara.

Tanah liat yang merekatkan bubuk batu bara dalam pembuatan briket juga
bisa meningkatkan kandungan fluorine pada batu bara. Zat ini terbukti
menyebabkan kira-kira 10 juta penduduk China menderita penumpukan
fluoride pada gigi dan tulang yang mengakibatkan perubahan bentuk
tulang.

Rumit dan rawan kesalahan

Belajar dari pengalaman buruk China, pemerintah sebaiknya menyediakan
informasi untuk masyarakat mengenai kandungan zat racun dalam briket
yang sudah diproduksi PT Batu Bara Bukit Asam dan yang akan diproduksi
PT Kaltim Prima Coal sehingga ancaman pada kesehatan masyarakat dapat
diukur.

Selain ancaman kesehatan, memasak menggunakan batu bara juga bukan
perkara mudah. Calon penerima bantuan tungku kemungkinan besar tidak
akan terlalu menyukai gagasan pemerintah karena memasak dengan batu
bara cukup merepotkan. Selain harus menunggu 15 menit sebelum briket
batu bara benar- benar membara, cara menggunakan tungku yang rumit
juga rawan kesalahan dan bisa menyebabkan kecelakaan jika pengguna
tidak dilatih lebih dulu.

Pengguna perlu diberi informasi rinci harga bahan bakar untuk
menimbang pengeluaran dapur mereka dengan tepat. Meski briket batu
bara terlihat murah, jangan lupa satu kilo briket batu bara hanya
mengandung 60 persen energi (5.500 kcal) yang dikandung satu liter
minyak tanah (8.900 kcal), dan kurang dari separuh energi yang
dikandung satu kilo elpiji (11.900 kcal).

Tampaknya rencana pemerintah mendorong tungku briket batu bara adalah
keputusan terburu-buru untuk mengatasi dampak kebijaksanaan penaikan
harga BBM yang tidak diterima masyarakat. Tetapi, seharusnya pemilihan
jenis bahan bakar dilakukan bersama pengguna dan berbasis penelitian
daripada keputusan ekonomi yang hanya "disosialisasikan" lewat siaran
pers.

Batu bara bukan merupakan bahan bakar pengganti yang cocok. Di
pedesaan, masyarakat lebih mudah dan murah menggunakan bahan bakar
biomassa yang dibuat dari bahan sisa pertanian, seperti gabah dan
sabut kelapa yang merupakan sumber energi terbarukan.

Sedangkan untuk masyarakat perkotaan, pemerintah seharusnya
mempermudah akses untuk memperoleh elpiji yang kini jadi langka.
Indonesia masih memiliki cadangan elpiji yang amat besar di Papua.
Harga kompor, tabung, dan elpiji seharusnya dipermurah, bukan
sebaliknya.

Dibanding pilihan bahan bakar di atas, batu bara adalah sumber energi
yang tidak sehat untuk dipakai dalam ruangan dan tidak terbarukan.
Belum tentu juga briket batu bara bisa diterima baik oleh pengguna di
rumah tangga. Jadi, jika ditimbang manfaat dan mudaratnya, jelas
briket batu bara bukan pilihan yang bijaksana.

Igor O'Neill Relawan WALHI Eksekutif Nasional

--- In idakrisnashow@yahoogroups.com, "Ida arimurti" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Mbak Idaaaaaaaaaaa, auooooooooo kepalaku pusing
> Mbakyu Ida. Pusing karena harga minyak seperti harga
> emas lantakan karena itu saya ingin tahu atau ingin
> dapat informasi di mana tempat penjualan kompor briket
> dan britket itu sendiri, saya mau beli untuk ngirit
> pengeluaran. Wadaaaawww pusing! BBM naik harga minyak
> tanah ikut naik pamor............. tolong Mbak
> Idaaaaaaaaaaaa infonya.Dhania Oktaviani
>
> Sama dong aku juga mo tau....karena sudah kasihan liat
> nyokap teriak harga gas dan minyak naik terus...jatah
> makan jadi berkurang nih....!!! info ditunggu...
> [...]

Music that listens to you.
LAUNCHcast. What's in your mix?
http://us.click.yahoo.com/8mKGzA/FARHAA/kkyPAA/iPMolB/TM